thumbnail

Bolehkah Puasa Arafah Sebelum Mengganti Puasa Ramadhan?

22 Juni 2022

Bolehkah Puasa Arafah Sebelum Mengganti Puasa Ramadhan? - Memasuki bulan Dzulhijjah, banyak amalan yang bisa dilakukan sahabat dan keluarga muslim untuk meningkatkan pahalanya. Salah satu ibadah tersebut adalah puasa Arafah. Puasa Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa keutamaan puasa di Arafah adalah menghapus dosa tahun lalu dan tahun yang akan datang.  Adapun puasa Arafah ini sunnah sahabat muslim. Menjalankan puasa Arafah tentunya menjadi amalan yang baik di bulan Dzulhijjah ini. Lalu bolehkah puasa arafah sebelum mengganti puasa ramadhan?

 

Apa itu Puasa Arafah?

Pada pembahasan awal, Sahabat Muslim akan memahami betul apa pengertian puasa Arafah itu? Puasa Arafah merupakan salah satu puasa sunnah dalam Islam yang dilakukan setahun sekali, yaitu setiap tanggal 9 bulan Dzulhijjah. Bulan ini merupakan salah satu bulan yang paling ditunggu dalam penanggalan Hijriah oleh umat Islam.

Karena di bulan ini Idul Adha dirayakan oleh seluruh umat Islam dari seluruh dunia. Pada tanggal tersebut juga bertepatan dengan momentum para jemaah haji yang sedang melaksanakan wukuf di Arafah. Sehingga umat Islam yang tidak melaksanakan rukun haji, sangat dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah Arafah.

Jadi, jika sahabat muslim belum bisa menunaikan ibadah haji karena keterbatasan dana atau biaya, atau mungkin ada alasan lain, maka sahabat muslim bisa melanjutkan ibadah dengan berpuasa sunnah. Maka para ulama telah sepakat untuk mengkategorikan puasa sunnah ini menjadi salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan, atau biasanya diberi istilah juga sunnah muakkad.

Jadi jika sahabat muslim mampu dan tidak mampu, maka lebih baik sahabat muslim berpuasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Karena begitu banyak keutamaan dan manfaat yang bisa sahabat muslim dapatkan saat menunaikan puasa arafah ini. Mari kita lanjutkan dengan penjelasan hukum puasa Arafah yang akan kami jelaskan pada subtitle selanjutnya.

 

Hukum Puasa Arafah

Seperti diketahui, sehari sebelum Idul Adha, umat Islam di seluruh dunia dihimbau untuk berpuasa. Puasa ini dikenal dengan Puasa Arafah atau Puasa Idul Adha. Puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang bertepatan dengan ritual jamaah wukuf di Arafah. Puasa Arafah dilaksanakan setiap tanggal 9 Dzulhijjah. Dalam penanggalan Masehi, puasa Arafah tahun ini (2022) jatuh pada Jum’at 8 Juli 2022, sehari sebelum Idul Adha yang jatuh pada Sabtu 9 Juli 2022 (Catatan: hari arafah mungkin saja bisa terjadi perbedaan dengan kalender masehi yang berlaku tahun ini karena penetapan kapan tanggal wukuf di arafah tergantung oleh Amir Makkah).

Hukum puasa Arafah adalah sunnah muakkadah. Puasa sunnah muakkad Arafah merupakan jenis amal yang sangat dianjurkan bagi umat Islam yang tidak menunaikan ibadah haji. Sedangkan bagi umat Islam yang sedang menunaikan ibadah haji, tidak wajib berpuasa di Arafah. Tapi pertanyaan "bolehkah puasa arafah sebelum mengganti puasa Ramadhan" akan dijabarkan penjelasannya di bawah ini.

 

Apakah Tidak Boleh Puasa Arafah Sebelum Mengganti Puasa Ramadhan?

Menurut pendapat ulama Malikiyah dan Syafi'I menyatakan makruh jika seseorang mengutamakan puasa sunnah sebelum meng-qadha puasa Ramadhan. Sementara itu, mazhab Hambali menyatakan haram bagi seseorang yang belum meng-qadha puasa Ramadhan untuk menjalankan puasa sunnah.

Tidak dianjurkan bagi wanita untuk berpuasa dengan cara lain sebelum membayar puasa di bulan Ramadhan. Sebagian besar ulama membolehkan umat Islam untuk menjalankan puasa Arafah sebelum puasa qadha Ramadhan, sahabat Muslim. Imam Nawawi mengatakan:

"Disunahkan menyegerakan meng-qadha puasa Ramadan. Jika ditunda, maka tetaplah sah menurut para ulama muhaqqiqin, fuqaha dan para ulama ahli ushul. Mereka menyatakan bahwa yang penting memiliki azam (tekad) untuk melunasi qadha tersebut." (Syarh Shahih Muslim, 8: 23).

 

Penutup

Meskipun di kalangan ulama terdapat banyak perbedaan pendapat. Akan tetapi, bagi sahabat muslim yang ingin berpuasa arafah, sebaiknya mengganti terlebih dahulu puasa Ramadhan yang ditinggalkan. Ini disebabkan karena puasa Ramadhan hukumnya wajib dan harus diutamakan ketimbang amalan sunnah seperti puasa Arafah. Demikian ulasan tentang Bolehkah Puasa Arafah Sebelum Mengganti Puasa Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Yuk berlangganan konten-konten islami gratis dari Muslimlife.id! Cukup register gratis dan dapatkan konten-konten bermanfaat yang up to date setiap harinya serta bonus kode voucher gratis yang bisa sahabat muslim gunakan untuk mengakses layanan berbayar Muslimlife.id.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :