thumbnail

Bolehkah Patungan untuk Berqurban?

08 Juli 2022

Syarat Hewan Qurban Yang Perlu Diketahui | IHATEC

Foto: ihate.com

Berqurban merupakan salah satu ibadah yang hukumnya sunnah muakkad. Pelaksanaan qurban juga sangat istimewa karena dilaksanakan pada hari raya Idul Adha hingga akhir hari tasyrik. Seluruh umat muslim menyambut gembira penyembelihan hewan kurban. Hal ini karena solidaritas sesama muslim benar-benar terbangun. Mulai dari jual beli hewan kurban di pasar, pembentukan panitia kurban, penyembelihan hewan kurban yang melibatkan banyak orang hingga pembagian daging kurban, itu semua seakan-akan mengandung efek sosial yang kuat, bisa dikatakan sebagai penguatan ukhuwah islamiyyah.

Setiap tahunnya banyak umat muslim dari seluruh dunia yang melaksanakan qurban, namun bagi sebagian muslim lainnya terkendala biaya untuk melaksanakan qurban. Patungan menjadi salah satu solusi bagi muslim yang kurang biaya untuk berqurban. Namun apakah patungan dalam berqurban itu dibolehkan? Yuk simak ulasan berikut!


Pelaksanaan qurban secara patungan atau bersama-sama dibolehkan dalam syariat. Namun haruslah memenuhi ketentuan yang ditetapkan. Syariat telah menetapkan standar maksimal jumlah kapasitas mudlahhi (orang yang berkurban) untuk per satu ekor hewan kurban, yaitu unta, sapi dan kerbau untuk tujuh orang, sementara kambing hanya sah dibuat kurban satu orang. Hal ini karena nilai unta, sapi maupun kerbau sepadan dengan nilai tujuh ekor kambing. Apabila tidak memenuhi syarat tersebut, misalkan delapan orang untuk unta, sapi ataupun kerbau dan dua orang untuk kambing, maka nilai hewan tersebut tidak lagi menjadi hewan qurban melainkan hanya sebagai sedekah biasa.

Apa itu Kurban (Qurban) dalam Islam? - Dompet Dhuafa

Foto: zakat.or.id

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

كنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في سفر فحضر النحر فاشتركنا في البقرة عن سبعة

“Kami pernah berpergian bersama Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam, kebetulan di tengah perjalanan hari raya Idul Adha (yaumun nahr) datang. Akhirnya, kami patungan membeli sapi sebanyak tujuh orang untuk dikurbankan.” (HR Al-Hakim)


Hikmah yang didapatkan dari pelaksanaan ibadah qurban

  1. Bukti cinta kepada Allah Ta’ala melebihi cinta kepada makhluk
  2. Mendapatkan bekal ketaqwaan
  3. Mengharapkan kesucian diri dan harta
  4. Sebagai penebus dosa dan meminta pengampunan Allah Ta’ala
  5. Meningkatkan tali persaudaraan sesama umat muslim


Nah, Allah telah memudahkan hamba-hambanya untuk melaksanakan ibadah qurban. Jadi apakah kamu akan berqurban tahun ini?

Referensi: hukum kurban patunganhukum dan syarat patungan kurban sapi, hukum kurban patungan dalam islam

 


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :