thumbnail

Bolehkah Minum Sebelum Sholat Idul Adha? Inilah Sunnah-Sunnah Sebelum Sholat Ied

06 Juli 2022

Masih banyak yang bertanya-tanya, bolehkah minum sebelum salat Idul Adha? Benarkah ada kewajiban untuk tidak minum sebelum salat Idul Adha atau tidak makan sebelum salat Ied? Disini kami akan menjelaskan tentang Sunnah-sunnah Sebelum Sholat Idul Adha.

 

Apakah Boleh Minum Sebelum Shalat Idul Adha?

Anjuran untuk tidak makan sebelum berangkat shalat Idul Adha disebutkan dalam sebuah hadits dari Buraidah bin Hushaib radhiyallahu 'anhu, ia berkata, "Pada hari Idul Adha, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak pergi ke ladang, sampai dia sarapan dulu, dan pada hari raya idul adha dia tidak makan sampai sholat (HR. Tirmidzi 545 dan shahih al-Albani).

Dari penjelasan hadits di atas, terdapat anjuran untuk tidak makan sebelum sholat idul adha. Namun bagaimana jika minum? Bolehkah minum air putih sebelum shalat idul adha?

Sebenarnya makna dari anjuran untuk tidak minum sebelum salat Idul Adha atau tidak makan sebelum salat Idul Adha adalah agar umat Islam yang berkurban dapat segera menyembelih hewan kurbannya segera setelah salat Ied usai. Kemudian daging dari kurban bisa langsung dibagikan dan dimakan.

Dengan tidak minum sebelum salat Idul Adha atau tidak makan sebelum salat Idul Adha, maka seseorang akan lebih semangat dan bersegera dalam menyembelih hewan kurban. Daging hewan kurban yang dibagikan kepada fakir miskin juga bisa dimakan bersama.

Baca juga:
Siapa Sajakah Yang Berhak Mendapatkan Daging Kurban?

Dalam hal ini sunnah memakan daging hewan kurban secara bersama-sama, baik oleh muslim yang berkurban maupun fakir miskin yang mendapatkan hak atas daging kurban tersebut. Selain tidak minum sebelum salat ied atau tidak makan sebelum salat idul Adha, apa saja sunnah sebelum salat idul Adha? Berikut sunnah sebelum salat Idul Adha untuk mendapatkan pahala yang banyak.

 

Sunnah Sebelum Shalat Idul Adha

Mengumandangkan Takbir

Mengucapkan takbir atau takbiran pada hari raya Idul Adha adalah hal yang disyariatkan oleh agama. Pada Idul Adha, takbir yang dikumandangkan adalah takbir mursal dan takbir muqayyad. Pada takbir mursal Idul Adha dilakukan setelah matahari terbenam pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai khatib menyelesaikan khutbahnya pada saat salat Idul Adha.

Sementara itu, takbir muqayyad dibacakan mulai subuh dari tanggal 9 Dzulhijjah, mulai Puasa Arafah sampai setelah Ashar pada akhir hari Tasrik atau tanggal 13 Dzulhijjah. Antara takbir mursal dan takbir muqayyad, tidak ada perbedaan lafadz. Di masa pandemi ini, tentunya pelaksanaan takbiran harus tetap berpegang pada prinsip protokol kesehatan. Takbiran bisa dilakukan di rumah tanpa perlu dilakukan secara berkelompok, sehingga tetap bisa menjalankan sunnah meski dalam situasi pandemi.

Mandi Dan Berhias Memakai Pakaian Bagus Pada Saat Salat Idul Adha

Orang-orang yang menghadiri sholat Idul Adha, baik pria maupun wanita, dibimbing untuk berpenampilan rapi. Yaitu berhias, memakai pakaian yang bagus (belum tentu mahal, yang penting rapi dan bersih), dan wangi-wangian.

Tentu saja, sebelum itu, Sahabat Muslim harus membersihkan diri dengan mandi. Diriwayatkan dari Ja'far bin Muhammad dari bapaknya dari kakeknya, Nabi selalu memakai kain wol (Burda) bermotif (buatan Yaman) pada setiap Idul Adha. (HR. Asy-Syafi'i dalam Musnad asy-Syafi'i-nya).

Tidak Makan Dari Sejak Fajar Hingga Selesai Salat Idul Adha

Diriwayatkan dari sahabat Abdullah bin Buraidah dari ayahnya (Buraidah bin al Husaib) bahwa ia berkata, "Rasulullah saw pada hari Idul Fitri tidak keluar sebelum makan, dan pada hari Idul Adha tidak makan sehingga selesai salat." (HR. AtTirmizi). Intinya dianjurkan makan sebelum berangkat shalat Idul Adha agar tidak dikira masih hari puasa.

Sedangkan untuk salat Idul Adha dianjurkan untuk tidak makan terlebih dahulu agar daging kurban bisa langsung disembelih dan dinikmati setelah salat Idul Adha. Dengan tidak makan sebelum salat Idul Adha, seseorang akan lebih semangat dan tergesa-gesa menyembelih hewan kurban dan menikmatinya bersama-sama.

 

Penutup

Dengan penjelasan di atas, sekarang telah jelas jawaban dari bolehkah minum sebelum sholat idul adha beserta sunnah-sunnahnya sebelum melaksanakan sholat idul adha. Semoga bermanfaat.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :