thumbnail

Bolehkah Membayar Tukang Jagal Dengan Daging Kurban?

14 Juli 2022

Bolehkah Membayar Tukang Jagal Dengan Daging Kurban? - Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Masyarakat berbondong-bondong menyembelih hewan sebagai bentuk ibadah, baik spiritual maupun sosial. Inti dari pengorbanan itu sendiri adalah memberikan hadiah dari orang yang mampu kepada yang kurang beruntung. Oleh karena itu, ibadah kurban juga tergolong sebagai bentuk ibadah sosial.

Perayaan Idul Adha yang akan dirayakan umat Islam tinggal hitungan hari saja. Dimana nantinya akan ada prosesi penyembelihan hewan kurban yang menjadi ciri khas dari perayaan ini. Dalam prosesi penyembelihan hewan kurban, biasanya beberapa sahibul kurban (orang yang berkurban) memilih menggunakan jasa tukang jagal atau sembelih.

Ternyata tidak sembarangan memberi upah atau membayar jasanya (sembelih atau jagal), semuanya sudah diatur dalam syariat Islam. Dan banyak yang bertanya Bolehkah Membayar Tukang Jagal Dengan Daging Kurban?

Pertanyaan ini mungkin sering datang kepada masyarakat muslim, khususnya panitia penyembelihan hewan kurban. Jadi bagaimana dan bisakah membayar tukang sembelih hewan kurban dengan daging kurban? Apakah Islam benar-benar membolehkan daging yang disembelih pada Idul Adha digunakan sebagai upah tukang jagal? Berikut ulasannya.

 

Bolehkah Membayar Tukang Jagal Dengan Daging Kurban?

Guru Ma'had Daarussunnah Bekasi, Ustadz Muhammad Azizan, Lc menjelaskan bahwa tidak boleh menjual apapun dari bagian tubuh hewan kurban yang telah disembelih. Juga dilarang menggunakannya sebagai upah bagi tukang jagal.

Landasan Hadits

Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ali Bin Abi Thalib, bahwa "Rasulullah SAW memerintahkan saya untuk menjaga kurbannya, membagikan daging, kulit, dan bulu kepada orang miskin. Dan saya tidak diperbolehkan memberikan apa pun. dari hewan kurban ke tukang jagal."

Ditambahkannya, Imam Nawawi juga menyampaikan bahwa dalam nash Syafi'i dan para pengikutnya disepakati tidak boleh memperdagangkan sesuatu dari hewan kurban berupa hadyu atau udiyah, menyembelih nazar, atau menyembelih yang sunnah.

Hadyu merupakan hewan kurban yang wajib disembelih bagi seseorang yang menunaikan haji tamattu dan qiron. Sedangkan Udiyah adalah hewan kurban yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyriq. Imam Nawawi, lanjut Ustadz Azizan, juga mengatakan bahwa bagian tubuh hewan kurban, seperti daging, jeroan, kulit, tanduk, bulu dan bagian lainnya, tidak boleh digunakan sebagai upah tukang jagal.

Imam Ibnu Quddamah Al Maqdisi juga memiliki pendapat yang sama, yaitu boleh menggunakan kulit hewan kurban yang telah disembelih tetapi tidak diperbolehkan untuk memperdagangkannya, termasuk bagian tubuh hewan kurban yang disembelih.

Mengapa tidak bisa diperdagangkan? Mengutip kitab Minhatul 'Allam dan Al Majmu Syarah Al Muhadzzab, Ustadz Azizan mengatakan bahwa karena hewan kurban sebenarnya telah dipersembahkan kepada Allah SWT oleh orang yang mengurbankannya, maka tidak boleh diambil kembali.

 

Memberikan Daging Kepada Tukang Jagal Sebagai Sedekah, Bagaimanakah Hukumnya?

Meski begitu, bagian tubuh hewan kurban yang telah disembelih dapat diberikan kepada tukang jagal sebagai bentuk hadiah atau sedekah. "Karena dia seorang (tukang jagal) berhak atasnya begitu pula orang lain yang berhak menerimanya. Tetapi jika tukang jagal itu diberi upah terlebih dahulu, maka bagian tubuh hewan kurban itu diberikan lagi karena kemiskinannya, sebagaimana dia berikan kepada orang miskin lainnya, itu jauh lebih baik," kata Ustadz Azizan.

 

Penutup

Dari keterangan di atas, maka tidak boleh menjual sebagian dari hewan kurban untuk membayar sembelihan. Hal ini karena fungsi hewan kurban adalah untuk kepentingan spiritual dan sosial, bukan ekonomi, seperti dijual untuk tujuan tertentu. Bahkan, Zakariya al-Ansari, dalam Asna al-Mathalib Syarh Raudl at-Talib, mengatakan bahwa ini dilarang.

Demikian ulasan tentang Bolehkah Membayar Tukang Jagal Dengan Daging Kurban? Semoga bermanfaat.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :