thumbnail

Bolehkah Membaca Alquran Tanpa Wudhu Terlebih Dahulu?

19 Oktober 2022

Setiap seorang muslim pasti diwajibkan untuk membaca dan memahami isi di dalam Alquran, setiap kali hendak membaca Alquran kita diwajibkan untuk bersuci terlebih dahulu. Meskipun begitu, ada banyak sekali orang yang bertanya, bolehkah membaca Alquran tanpa wudhu?

Pada umumnya, ketika hendak membaca Alquran setiap orang akan melakukan wudhu terlebih dahulu untuk menyucikan diri. Namun, ada kalanya seseorang tidak bisa melakukan hal tersebut karena suatu sebab, sehingga ragu untuk membaca Alquran.

 

Jadi Bolehkah Membaca Al Qur'an Tanpa Wudhu Menurut Para Tokoh Agama?

Apakah boleh baca Alquran tanpa wudhu? Berdasarkan penjelasan dari Syekh Abdul Sami menyatakan, bahwa kita tidak boleh menyentuh mushaf Alquran tanpa berwudhu terlebih dahulu.

Lalu bagaimana jika kita sedang dalam perjalanan atau dalam kondisi tertentu yang tidak memungkinkan untuk wudhu? Syekh Abdul Sami menjelaskan, ketika kita dalam keadaan tersebut dan ingin membaca Alquran.

Maka diperbolehkan membaca Alquran tanpa wudhu, dengan catatan membacanya harus dilakukan lewat media selain mushaf. Contohnya seperti melalui aplikasi Alquran yang terpasang di smartphone, tablet, laptop, atau perangkat elektronik lainnya.

Syekh Abdul Sami juga menambahkan, untuk para santri atau pelajar yang ingin menghafal atau membaca Alquran sepanjang hari.

Namun, sulit untuk berwudhu sepanjang hari tersebut maka para ulama madzhab Maliki, membolehkan bagi mereka untuk membaca Alquran tanpa wudhu. Sehingga mereka tidak perlu melakukan wudhu sepanjang hari saat ingin membaca dan menghafal Alquran.

Bersuci dengan melakukan wudhu merupakan salah satu adab ketika membaca Alquran melalui mushaf. Beberapa pendapat juga menyatakan bahwa wudhu merupakan hal wajib yang harus dilakukan sebelum menyentuh dan membaca Alquran.

Saat membaca Alquran pun sebaiknya kita melakukannya dengan dengan cara duduk yang baik serta menggunakan pakaian yang menutup aurat dan bersih. Tidak hanya itu, disarankan untuk menghadap kiblat sebagai bentuk penghormatan terhadap kitab suci Alquran.

 

Hukum Membaca Al-Quran di HP Tanpa Wudhu

Setelah membahas pertanyaan bolehkah membaca Alquran tanpa wudhu selanjutnya kita akan membahas tentang membaca Alquran di HP tanpa wudhu.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, hukum membaca Alquran di HP tanpa wudhu boleh dilakukan. Karena aplikasi Alquran yang terpasang di HP atau tablet bukan termasuk mushaf fisik, sehingga boleh disentuh dan dibaca tanpa perlu wudhu terlebih dahulu.

Baca Juga:
Hukum Membaca Alquran di HP Saat Haid

Teks ayat-ayat Alquran yang ada di dalam aplikasi tersebut berbeda dengan tulisan ayat-ayat Alquran yang ada di dalam mushaf. Jika pun aplikasi Al-Quran yang ada di HP dianggap sama dengan mushaf, maka beberapa pendapat juga memperbolehkan membacanya tanpa wudhu.

Karena ada sebagian ulama membolehkan memegang mushaf Al-Quran tanpa harus berwudhu. Perbedaan pendapat dari para ulama ini karena disebabkan oleh perbedaan penafsiran pada ayat berikut:

"Sesungguhnya Alquran ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauh Mahfuz), tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan. Diturunkan dari Tuhan semesta alam. Maka apakah kamu menganggap remeh saja Alquran ini?" (QS. Al-Waqi’ah:77-81).

Menurut sebagian ulama ada yang berpendapat, bahwa maksud dari "tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan" adalah para malaikat yang suci.

Jadi, menurut pendapat ulama ayat tersebut bukan bermaksud mewajibkan untuk wudhu bagi yang akan menyentuh mushaf.

Namun, sebagian ulama lainnya berpendapat, bahwa yang dimaksud "tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan" adalah sebuah tanda keharusan untuk berwudhu sebelum menyentuh mushaf.

 

Penutup

Jadi, itulah tadi pembahasan tentang bolehkah membaca Alquran tanpa wudhu dan hukum membaca Alquran di HP tanpa wudhu. Dari pembahasan di atas bisa kita telaah sesuai sudut pandang masing-masing.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :