thumbnail

Bolehkah Laki-Laki Menggunakan Skincare?

16 Desember 2022

Saat ini banyak sekali iklan yang menawarkan produk-produk perawatan tubuh (skincare) yang tayang di berbagai media. Tak hanya produk skincare untuk perempuan, produk skincare untuk laki-laki juga banyak ditawarkan baik untuk perawatan badan hingga wajah. Nah pertanyaan yang banyak dipertanyakan oleh orang-orang adalah bolehkah laki-laki menggunakan skincare? Bukankah skincare hanya untuk perempuan?

Dalam Islam, tidak masalah bagi laki-laki melakukan aktivitas merawatan tubuh dengan menggunakan skincare. Selama produk tersebut halal dan bertujuan untuk membersihkan bagian tubuh, seperti wajah, maka hukum menggunakan skincare adalah boleh. Islam justru sangat menganjurkan kepada umatnya, baik laki-laki dan perempuan, agar selalu berada dalam keadaan bersih dan rapi. Kebersihan ini baik dari segi wajah dan tubuh maupun pakaiannya.

Kenapa Pria Juga Harus pakai Skincare?

Photo: Kompas

Dalam Islam, berpenampilan yang baik dan bersih termasuk bagian dari tanda keimanan. Sebaliknya, Islam sangat melarang umatnya untuk berpenampilan yang kotor dan acak-acakan. Oleh karena itu, jika bertujuan untuk membersihkan wajah, atau menghilangkan jerawat, atau lainnya, maka laki-laki boleh melakukan aktivitas skincare.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

 

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَسْجِدِ فَدَخَلَ رَجُلٌ ثَائِرَ الرَّأْسِ وَاللِّحْيَةِ فَأَشَارَ إِلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِيَدِهِ أَنْ اخْرُجْ كَأَنَّهُ يَعْنِي إِصْلَاحَ شَعَرِ رَأْسِهِ وَلِحْيَتِهِ فَفَعَلَ الرَّجُلُ ثُمَّ رَجَعَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلَيْسَ هَذَا خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدُكُمْ ثَائِرَ الرَّأْسِ كَأَنَّهُ شَيْطَانٌ

Ketika Rasulullah Saw sedang berada di masjid, ada seorang laki-laki masuk dengan rambut yang acak-acakan dan jenggot yang tidak teratur. Rasulullah Saw lantas berisyarat dengan tangannya agar laki-laki tersebut keluar, seakan beliau mengatakan; Hendaklah ia rapikan rambut dan janggutnya’. Laki-laki itu kemudian melakukannya dan kembali lagi. Lalu Rasulullah Saw bersabda: Bukankah ini lebih baik, daripada salah seorang dari kalian datang dengan rambut yang acak-acakan seperti setan. (HR. Imam Malik)

 

Laki-laki diperbolehkan untuk merawat diri dengan menggunakan skincare, namun yang perlu diingat tujuan dari menggunakan skincare adalah untuk merawat diri, bukan untuk menyombongkan diri dan bermegah-megahan apalagi untuk menyerupai perempuan. Dalam Islam, laki-laki sangat dilarang untuk menyerupai perempuan. Dalam sebuah hadist, Rasulullah pernah bersabda:

 

ﻟَﻌَﻦَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺍﻟﻤُﺘَﺸَﺒِّﻬِﻴﻦَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺮِّﺟَﺎﻝِ ﺑِﺎﻟﻨِّﺴَﺎﺀِ، ﻭَﺍﻟﻤُﺘَﺸَﺒِّﻬَﺎﺕِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨِّﺴَﺎﺀِ ﺑِﺎﻟﺮِّﺟَﺎﻝِ

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki” (HR. Al-Bukhari)


Sumber: Penggunaan Skincare


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :