thumbnail

Bolehkah berqurban dengan cara transfer?

09 Juli 2022

Qurban, Tanda Mukmin Menuju Taqwa - Kompasiana.com

Foto: kompasiana.com

Saat ini banyak lembaga yang menyelenggarakan qurban dengan menerima transfer dari orang-orang yang berasal dari berbagai daerah. Saat proses pemotongan hewan, orang yang berqurban tidak menyaksikan secara langsung karena mereka hanya memberikan uang kepada penyelenggara. Bagaimana sih hukumnya transfer dalam qurban? Yuk simak ulasan berikut.

Pada prinsipnya, berqurban dengan memberikan amanah ataupun kuasa kepada orang lain (penyelenggara) diperbolehkan asalkan memenuhi syarat-syarat yang berlaku.  Dalam hadistnya Rasulullah shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

وَعَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ – رضي الله عنه – قَالَ: –  أَمَرَنِي اَلنَّبِيُّ – صلى الله عليه وسلم – أَنَّ أَقْوَمَ عَلَى بُدْنِهِ, وَأَنْ أُقَسِّمَ لُحُومَهَا وَجُلُودَهَا وَجِلَالَهَا عَلَى اَلْمَسَاكِينِ, وَلَا أُعْطِيَ فِي جِزَارَتِهَا مِنْهَا شَيْئاً – مُتَّفَقٌ عَلَيْه

Dari ‘Ali bin Abi Tholib radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan padaku untuk mengurus unta (unta hadyu yang berjumlah 100 ekor) milik beliau, lalu beliau memerintahkan untuk membagi semua daging kurban, kulit dan jilalnya (kulit yang ditaruh di punggung unta untuk melindungi diri dari dingin) untuk orang-orang miskin. Dan aku tidak boleh memberikan bagian apa pun dari hasil kurban kepada tukang jagal (sebagai upah).” (HR. Bukhari no. 1707 dan Muslim no. 1317).

Berdasarkan hadist tersebut, Rasullullah telah mencotohkan bahwa boleh mewakilkan orang lain dalam pengurusan kurban, pembagian daging kurban, juga dalam menyedekahkan. Dalam hal transfer qurban, untuk pelaksanaannya haruslah memenuhi beberapa ketentuan. Adapun ketentuan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  1. Nominal biaya yang dikirim telah diterima oleh oleh penerima amanah
  2. Besaran nominal yang diberikan harus sesuai dengan ketentuan syariah
  3. Perjanjian antara pemberi dan penerima amanah harus jelas. Penerima harus melakukan pembelian, penyembelihan dan penyaluran daging qurban secara detail.
  4. Berqurban melalui lembaga-lembaga resmi yang amanah dan professional

Kemudian timbul pertanyaan kembali, bolehkah menyalurkan qurban untuk daerah lain? Jawabannya adalah boleh. Memindahkan penyembelihan qurban ke daerah lain di mana di daerah tersebut kaum muslimin sangat butuh diperbolehkan. Saat ini banyak kaum muslimin yang tergeletak di tanah, di bawah langit terbuka, dalam keadaan tak punya apa-apa, bahkan ada yang sampai mati kelaparan, oleh karena itu kita perlu berdiri bersanding dengan mereka karena mereka memang betul-betul butuh uluran tangan kita. Kita bisa membantu keadaan mereka dengan zakat dan sedekah, serta dengan qurban yang ditransfer ke daerah mereka. Jadi syari’at qurban sebenarnya tidak mengharuskan melakukan di negeri shohibul qurban, namun bisa diberikan ke daerah lain. Hal tersebut akan menolong fakir miskin muslim yang benar-benar membutuhkan.

Dalam kitab Alfiqhul Islami wa Adillatuhu Syaikh Wahbah Azzuhaili menyebutkan;

اما نقلها إلى بلد آخر: فقال الحنفية: يكره نقلها كالزكاة من بلد إلى بلد إلا أن ينقلها إلى قرابته أو إلى قوم هم أحوج إليها من أهل بلده، ولو نقل إلى غيرهم أجزأه مع الكراهة. وقال المالكية: ولا يجوز نقلها إلى مسافة قصر فأكثر إلا أن يكون أهل ذلك الموضع أشد حاجة من أهل محل الوجوب، فيجب نقل الأكثر لهم، وتفرقة الأقل على أهله

“Adapun memindahkan hewan kurban ke daerah yang lain, maka ulama-ulama Hanafiyah berpendapat; ‘Dimakruhkan memindahkan hewan kurban sama seperti zakat dari satu daerah ke daerah lain kecuali jika memindahkan hewan kurban tersebut untuk diberikan kepada kerabatnya atau kepada masyarakat yang lebih membutuhkan dari pada masyarakat di daerahnya sendiri. Jika dia memindahkan hewan kurban bukan kepada kedua orang tadi, maka hal itu mencukupi namun disertai makruh.

Sumber: hukum transfer qurban ke daerah lainHukum Mewakilkan KurbanHukum Berkurban di Daerah Lain


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :