thumbnail

Berbagai Amalan Sunnah dalam Menyambut Idul Adha

04 Juli 2022

Sejarah Idul Adha dan Hikmah Di Balik Kurban - Gramedia Literasi

Foto: gramedia.com

Idul Adha merupakan salah satu hari raya bagi umat Islam di seluruh dunia. Di Indonesia, Idul Adha juga dikenal dengan sebutan hari raya haji karena Idul Adha juga berbarengan dengan pelaksanaan ibadah haji di Mekkah. Untuk menyambut hari raya idul adha dan menyempurnakan ibadah, ada beberapa amalan-amalan yang dianjurkan karena memiliki keutamaan-keutamaan dibandingkan ibadah lain. Kira-kira amalan apa saja sih yang dapat dilakukan dalam menyambut Idul Adha? Yuk simak ulasan berikut.


1. Puasa Arafah

Keutamaan Puasa Arafah, dihapuskannya dosa tahun lalu dan tahun berikutnya

Foto: blogsederhana.web.id

Puasa arafah adalah puasa yang dilaksanakan pada 9 dzulhijjah atau satu hari sebelum hari raya Idul Adha. Disebut sebagai puasa arafah karena dilaksanakan berbarengan pelaksanakan wukuf di padang arafah oleh Jemaah haji. Salah satu keutamaan puasa arafah adalah dapat menghapus puasa selama satu tahun yang telah dilalui dan satu tahun yang akan datang. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam berikut:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

"Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim)

Selain dapat menghapuskan dosa, keutamaan puasa arafah lainnya adalah Allah Ta’ala kan memebebaskan lebih banyak hambaNya dari api neraka pada hari Arafah. Hal ini sesui dengan hadist Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam berikut :

 "Tidak ada hari yang Allah membebaskan hamba-hamba dari api neraka lebih banyak daripada pada hari Arafah," (HR Muslim)


2. Puasa Tarwiyah

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah Jelang Idul Adha 2020, Lengkap dengan  Bacaan Niat dan Artinya - Tribunnews.com Mobile

Foto: tribunnews.com

Puasa tarwiyah merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada 8 dzulhijjah atau satu hari sebelum puasa arafah. Puasa tarwiyah menjadi puasa sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan bagi umat muslim yang sedang tidak menunaikan ibadah haji. Kata "Tarwiyah" dari fi’il madli "Rawwa" yang berarti: berbekal air, melihat di dalamnya, dan beberapa makna lainnya. Hal ini berkaitan dengan para jamaah haji membawa bekal air pada hari itu yang disiapkan untuk hari Arafah. Selain itu puasa tarwiyah juga memiliki arti merenung. Hal ini dikaitkan dengan kisah Nabi Ibrahim Alaihi Salam. Pada 8 Dzulhijjah Nabi Ibrahim mendapatkan mimpi untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail. Namun dipagi harinya, Nabi Ibrahim Alaihi Salam merenung dan berbicara dengan dirinya sendiri, apakah mimpi kosong atau wahyu dari Allah Ta’ala. Keutamaan puasa tarwiyah bagi umat Islam yang melaksanakannya adalah mendapatkan pahala seperti melaksaknakan puasa selama satu tahun.


Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Adha

Sholat Ied Idul Adha 2020, Mulai 6 Amalan Sunnah, Termasuk untuk Wanita  Haid hingga Bacaan Lengkap - Tribunmataram.com

Foto:  kabarbone.com

  • Mengumandangkan Takbir

Mengumandangkan takbir dalam menyambut Idul Adha dilaksanakan pada saat terbenam matahari hingga saat saat shalat ashar hari tasyrik terakhir. Kalangan ulama mengatakan bahwa mengumandangkan takbir disyariatkan dalam Idul Adha beradasarkan firman Allah Ta’ala berikut :

وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ [فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ] عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ

“Supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak.” (QS : Al-Hajj ayat 28)

Takbir pada saat Idul Adha termasuk kedalam takbir mursal. Mengumandangkan takbir pada malam Idul Adha merupakan salah satu amalan untuk menghidupkan hari raya.  Hal ini tertuang pada hadist Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam berikut:

Barangsiapa yang menghidupkan malam hari raya, Allah akan menghidupkan hatinya di saat hati-hati orang sedang mengalami kematian."


  • Mandi dan Memakai Wewangian Sebelum Shalat Eid

Sebelum melaksanakan shalat Eid, kita dianjurkan untuk mandi dan memakai wewangian. Hal ini dianjurkan bagi perempuan dan laki-laki, tua maupun muda karena dapat menghilangkan hadast besar dan hadist kecil.  Dalam kitab Al-Majmu’ Syarhul Muhaddzab terdapat keterangan mengenai amalan sunnah ini:

والسنة أن يتنظف بحلق الشعر وتقليم الظفر وقطع الرائحة لانه يوم عيد فسن فيه ما ذكرناه كيوم الجمعة والسنة أن يتطيب

Disunnahkan pada hari raya eid membersihkan anggota badan dengn memotong rambut, memotong kuku, menghilangkan bau badan yang tidak enak, karena amalan tersebut sebagaimana dilaksanakan pada hari Jum’at, dan disunnahkan juga memakai wangi-wangian.


  • Berpakain Rapi dan Sopan

Berpakain rapi dan sopan tidak harus mengenakan baju baru, tapi dapat mengenakan baju lama yang suci. Dalam kitab Raudlatut Thalibin dijelaskan, khusus bagi laki-laki disunahkan memakai pakaian yang paling baik dan lebih utama warna putih. Jika hanya memiliki satu pakaian, maka tidak mengapa boleh ia memakainya. Untuk perempuan, cukuplah ia memakai pakaian sebagaimana sehari-hari janganlah ia berlebihan.

Referensi: amalan sunah idul adha sesuai anjuran Rasulullahtata cara puasa tarwiyahtakbiran idul adhaamalan sunnah sebelum sholat idul adha mandi pakai wangi wangian dan jalan kaki


🐂🐐🐪Yuk bareng-bareng ber-qurban

Bersama Muslimlife, ber-qurban bisa dicicil lhoo😍😍😍

 Buruaaan tunaikan QURBAN 1443 H, dengan pilihan paket:

🐐 Qurban Kambing

1 ekor --> Rp. 2.700.000 

🐂 Qurban Sapi

1 ekor -->  Rp. 18.900.000

1/7 ekor --> Rp. 2.700.000


💟Benefit

-Mudah, bisa dicicil

-Pilihan paket (biaya) sudah termasuk biaya petugas qurban

-Laporan & dokumentasi

 

❗Caranya, mudah banget❗

  1. Pilih menu Donasi
  2. Lalu pilih --> Penggalangan Dana
  3. Klik --> donasi OTW QURBAN 1443 H (terletak pada urutan 1 (kiri atas)
  4. Silahkan baca deskripsi untuk penjelasan singkat
  5. Lalu klik tombol Donasi (bagian bawah) & silahkan salurkan qurban💚
  6. Biaya qurban bisa dicicil atau langsung tunai sesuai paket yang dipilih
  7. Kendala & tanya jawab, silahkan hubungi admin --> 0812 6041 2722


☎️Konfirmasi Qurban & Gabung ke Grup Peserta Qurban

Hubungi admin via SMS/WA ke: 0812 6041 2722


Yuk tebar kasih sayang dan raih keutamaan Ibadah Qurban bersama Muslimlife💪

Semoga Allah mampukan dan menerima Ibadah Qurban kita, Aamiin.

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :