thumbnail

Begini Cara Membuat CV Taaruf Yang Benar Dan Syar'i

18 April 2022

Cara membuat CV taaruf, apakah Sahabat Muslim ingin mempelajarinya saat ini? Tidak perlu khawatir, kali ini kami akan memaparkan panduan lengkap mengenai cara membuat CV taaruf terbaik beserta contohnya. Terus simak ya!

 

1. Apa Isi CV Taaruf

Perlu diketahui, dalam proses taaruf, CV adalah media terpenting yang digunakan untuk saling memperkenalkan diri menurut syar'i. Dalam Islam, pada tahap ini kedua belah pihak diharapkan untuk tidak bertemu kecuali dengan melibatkan pihak yang merupakan mahramnya.

Untuk itu, penggunaan CV sebagai media taaruf bisa menjadi pilihan terbaik. Hanya pastikan Sahabat Muslim mampu membuat CV dengan jelas, lengkap dan menarik sehingga masing-masing pihak bisa mendapatkan gambaran baik.

Terdapat beberapa poin penting yang akan disertakan dalam CV, beberapa poin yang dimaksudkan ialah sebagai berikut:

  1. Data diri
  2. Riwayat pendidikan
  3. Profil keluarga
  4. Kriteria calon pasangan
  5. Rencana setelah menikah
  6. Visi dan misi pernikahan
  7. Dan lain-lain

 

2. Langkah-langkah Membuat CV Taaruf Yang Menarik

Langkah-langkah Membuat CV Taaruf Yang Menarik
2.1 Data Diri

Tidak jauh berbeda dengan membuat CV melamar kerja pada umumnya, membuat CV taaruf juga mengharuskan Sahabat Muslim untuk mencantumkan diri. Bahkan untuk CV ini, Sahabat Muslim bisa memasukkan data diri yang lebih lengkap, jelas dan benar. Misalnya mencantumkan nama, foto, nama panggilan, pekerjaan, tempat dan tanggal lahir hingga BB.

Sahabat Muslim juga bisa memasukkan gambaran fisik lebih detail pada poin ini jika memang merasa dibutuhkan.

Masukkan pula status, alamat asal, nomor HP, e-mail serta semua akun sosial media Sahabat Muslim sebagai cara membuat CV taaruf yang baik dan benar.

2.2 Riwayat Pendidikan

Pada poin ini, Sahabat Muslim bisa memasukkan pendidikan formal maupun nonformal jika memang ada. Pastikan Sahabat Muslim telah menggunakan format yang sama pada kolom pendidikan formal dan nonformal seperti menyertakan nama pendidikan, alamat hingga tahun pendidikan. Sehingga pembaca lebih mudah mengerti.

2.3 Profil Keluarga

Profil keluarga merupakan poin yang tidak boleh Sahabat Muslim lupakan. Sahabat Muslim bisa memasukkan nama anggota keluarga mencakup status dan nama tidak perlu menjelaskan lebih detail. Jika ingin, Sahabat Muslim juga bisa menyertakan tahun kelahiran masing-masing anggota keluarga di dalam CV.

2.4 Kriteria Calon Pasangan

Beberapa kriteria yang bisa Sahabat Muslim masukkan ialah seperti kriteria non fisik (pendidikan, sifat, suku, usia, domisili dan status). Selain itu, Sahabat Muslim juga bisa memasukkan kriteria fisik dan beberapa kriteria tambahan yang memang diinginkan orang tua.

2.5 Rencana Setelah Menikah

Sebelum menjelaskan visi dan misi pernikahan, Sahabat Muslim harus memaparkan dengan jelas bagaimana rencana setelah menikah nanti, meliputi:

  • Kehidupan rumah tangga yang diinginkan
  • Tempat tinggal setelah menikah
  • Pekerjaan
  • Keturunan hingga pendidikan anak
  • Cara pengelolaan keuangan
  • Target jangka pendek hingga target jangka panjang
  • Dakwah dalam lingkungan keluarga
2.6 Visi dan Misi Pernikahan

Berfungsi sebagai media untuk taaruf, Sahabat Muslim wajib memasukkan visi dan misi pernikahan di dalam CV taaruf tersebut. Masing-masing pasangan bisa mengetahui gambaran kedepan setelah menikah dengan adanya visi dan misi pernikahan.

 

3. Contoh CV Taaruf

3.1 Contoh CV Taaruf Laki-laki
contoh cv taaruf laki-laki
3.1 Contoh CV Taaruf Perempuan
contoh cv taaruf perempuan

 

Persiapkan Taaruf Syarimu

Tunggu apalagi? Sahabat Muslim bisa melancarkan aksi taaruf segera untuk mendapatkan jawaban terbaik dari Allah SWT. Beberapa persiapan yang bisa Sahabat Muslim lakukan ialah seperti salat istikharah agar mendapatkan petunjuk dari Allah, untuk pihak lelaki beranikan diri untuk bertemu dengan calon mertua merupakan jalan terbaik untuk memperlihatkan kemantapan hati dan keseriusan membangun rumah tangga.

Penutup

Itulah ulasan ringkas seputar cara membuat CV taaruf yang baik dan benar, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Sahabat Muslim yang membutuhkan.

Yuk berlangganan konten-konten islami gratis dari Muslimlife.id! Cukup register gratis dan dapatkan konten-konten bermanfaat yang up to date setiap harinya serta bonus kode voucher gratis yang bisa sahabat muslim gunakan untuk mengakses layanan berbayar Muslimlife.id.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :