thumbnail

Begini cara lepas dari lilitan utang dan riba

19 Desember 2022

Hutang merupakan masalah finansial yang kerap kali melilit banyak orang. Apabila seseorang berhutang, maka  ia harus segera melunasi hutang tersebut agar tidak menjadi masalah baru di kemudian hari, apalagi hutang yang dilakukan memililiki bunga pembayaran yang termasuk riba. Tidak sedikit juga orang yang menjadikan hutang sebagai sebuah kebiasaan. Selesai dari satu hutang lalu membuka hutang yang lain. Sementara hutang tersebut tidak diimbangi dengan investasi maupun bisnis yang menghasilkan keuntungan. Bahkan, hutang seringkali diambil demi memenuhi kebutuhan domestik sehari-hari. Nah, bagaimana caranya agar kita bisa terlepasa dari lilitan hutang dan riba? Yuk simak tips-tips berikut!


Bertaubat Kepada Allah Ta’ala

Bertaubat Sebelum Terlambat - Kompasiana.com

Photo: Kompasiana

Riba merupakan salah satu perbuatan yang telah dilarang oleh Allah Ta’ala. Maka apabila seseorang telah terlilit hutang dan riba, maka segeralah bertaubat kepada Allah Ta’ala. Memohon ampunan kepada Allah Ta’ala agar diampuni dosa-dosa yang telah diperbuat dan berjanji untuk tidak mengulanginya kembali. Namun walaupun perbuatan riba merupakan perbuatan yang dilarang oleh Allah Ta’ala, kewajiban untuk melunasi hutang dan riba tersebut harus tetap dilakukan.


Segara Lunasi Hutang

Aturan Indah tentang Utang Piutang – KonsultasiSyariah.com

Photo: Konsultasi Syariah

Apabila seseorang telah terlilit hutang maka ia harus memprioritaskan penghasilan yang ia dapatkan untuk melunasi hutang-hutangnya. Tidak peduli seberapa besar hutang yang dilakukan, melunasi hutang adalah kewajiban yang harus diprioritaskan. Allah Ta’ala akan membantu orang-orang yang ingin melunasi hutang-hutangnya. Dalam sebuah hadist, Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam bersabda:

 

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدَّانُ دَيْنًا يَعْلَمُ اللَّهُ مِنْهُ أَنَّهُ يُرِيدُ أَدَاءَهُ إِلاَّ أَدَّاهُ اللَّهُ عَنْهُ فِى الدُّنْيَا

“Jika seorang muslim memiliki hutang dan Allah mengetahui bahwa dia berniat ingin melunasi hutang tersebut, maka Allah akan memudahkannya untuk melunasi hutang tersebut di dunia”. (HR. Ibnu Majah no. 2399 dan An Nasai no. 4686. )

 

Hidup Sederhana

Hidup Sederhana - Harian Terbit

Photo: Harian Terbit

Kebanyakan dari penyebab orang-orang terlilit hutang adalah karena keinginan untuk hidup mewah secara instan dan cepat. Padahal apabila keinginan tersebut dapat ditahan, maka keinginan untuk berhutang tidak akan dilakukan. Lebih baik memilih hidup sederhana namun bebas dari hutang daripada hidup mewah tapi terlilit hutang. Allah Ta’ala berfirman dalam Alquran:

 

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَٰكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

“Dan jikalau Allah melapangkan rizki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha melihat.” (QS Asy-Syura: 27)


Perbanyak Bersedekah

Perbedaan Sedekah, Infaq, Wakaf, dan Zakat

Photo: Gramedia

Memiliki hutang tidak berarti kita tidak bisa bersedekah. Justru dengan bersedekah, maka kita telah membantu menolong orang lain dan insya allah kita akan mendapatkan keberkahan serta kemudahan dalam mengatasi masalah-masalah yang kita hadapi termasuk masalah hutang. Bersedekah tidak hanya berupa materiil namun juga hal-hal lainnya. Selain bersedekah kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Ta’ala, adapun bacaan doa tersebut adalah:

 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

“Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan sulitnya hutang” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Bekerja Lebih Giat Serta Mencari Penghasilan Tambahan

30 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

Photo: Moka Pos

Apabila telah terlilit hutang, maka mau tak mau kita harus mencari pemasukan tambahan agar hutang cepat terlunasi. Mencari pekerjaan sampingan menjadi salah satu cara yang dilakukan, seperti menjadi guru les, guru tari, penulis, desain grafis, membuka jasa pembuatan website atau bahkan menjadi ojek/taksi online. Jika punya sedikit modal kamu bisa memilih menjadi reseller/dropshipper untuk produk online. Untuk menambah penghasilan bulanan, kita tidak bisa hanya diam. Apapun perlu diupayakan meskipun hanya membuka bisnis kecil-kecilan di depan rumah. Namun jangan lupa untuk niatkan juga bahwa penghasilan ini yang kemudian akan digunakan untuk membayar hutang. Maka Insya Allah niatan serta kerja keras tersebut akan membuat diri cepat lepas dari lilitan hutang.

Sumber: Cara Melunasi Hutang


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :