thumbnail

Bangga! Inilah 5 Masjid Cantik-Karya Arsitek Muslimah

26 Juni 2022


Dalam dunia arsitektur, muslimah punya peran yang sama dengan laki-laki dalam merancang mesjid. Bangunan rumah ibadah ini terkesan feminim karena didirikan perempuan yang memiliki kemampuan merancang bangunan. Baitullah tersebut tampak lebih feminim, namun tetap elegan dan mewah karena berdiri dari hasil rancangan seorang perempuan. Berikut 5 masjid cantik karya arsitek muslimah:


1. Masjid Sakirin

Masjid Sakirin, Keindahan Tersembunyi di Tanah Istanbul | Muslim Obsession

Foto: muslimobsession.com

Pembangunan Masjid Sakirin atau Sakirin Camii didanai yayasan filantropi Semiha Şakir Foundation dan diresmikan 7 Mei 2009. Masjid ini berlokasi di Istanbul Turki. Sosok perempuan bernama Zeynep Fadıllıoğlu berperan besar dalam pembangunan masjid cantik ini. Selama konstruksi, ia berkonsultasi dengan sejarawan seni dan ulama untuk memastikan Masjid Askirin menjadi tempat ibadah yang layak.


2. Masjid Gargash

Gargash Mosque - Clemson

Foto: clemsondubai.com

Masjid Gargash merupakan salah satu masjid di Uni Emirat Arab dan dirancang oleh seorang arsitek perempuan sekaligus pendiri biro Arsitektur Dabbagh di Dubai, Sumaya. Masjid ini bahkan masuk sebagai finalis dalam ajang bergengsi tahunan Architecture Leades Award 2021 dengan kategori Commercial Project of The Year.


3. Masjid Angke

Masjid Angke: Simbol Kebinekaan dan Saksi Perjuangan Melawan Penjajahan |  IslamIndonesia

Foto: islamindonesia.com

Masjid Angke atau yang sekarang dikenal sebagai Masjid Al Anwar merupakan salah satu masjid tertua di DKI Jakarta. Masjid ini dibangun pada 1761 Masehi yang diarsiteki oleh seorang perempuan etnis China yang bersuami pria asal Banten. Pada era kolonialisme Belanda, masjid ini merupakan salah satu basis perjuangan masyarakat Jakarta melawan penjajah.


4. Masjid Kubah Emas

Cerita Dibalik Megahnya Masjid Kubah Emas Depok

Foto: rumah.com

Masjid Kubah Emas atau Masjid Jami Dian Al Mahri merupakan masjid yang populer di Depok, Jawa Barat, merupakan masjid yang didesain oleh muslimah. Pesona utama masjid yang menjadi tujuan wisata religi. Kubahnya yang disapuh emas dan gaya arsitekturnya yang indah merupakan hasil rancangan seorang pengusaha bernama Dian Djuariah Maimun Al Rasyid


5. Masjid Suciati Saliman

Suciati Saliman, Masjid Megah Dibangun dari Usaha Bermodal 5 Ekor Ayam

Foto: kabareminggir.com

Masjid Suciati Saliman dibangun seorang perempuan pengusaha bernama Suciati Saliman Riyanto Raharjo. Arsitektur masjid yang berlokasi di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta ini merujuk model Masjid Nabawi di Madinah. Bangunan di atas lahan seluas 1.600 meter persegi dengan tinggi bangunan 3 lantai dan satu basement, masjid yang dinamai Masjid Suciati Saliman bernuansa Timur Tengah berbalut arsitektur Jawa.

Referensi: 5 masjid karya arsitek muslimah


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :