thumbnail

Bahasa Pemrograman yang ada di StartUp

20 Januari 2023

Bahasa Pemrograman yang ada di StartUp

 

Pertumbuhan dan perkembangan stratup di indonesia membutuhkan regulasi dan kebijakan pemerintah, regulasi ini terkait dengan ketersedian modal dan investasi.


Ketersedian tenaga kerja yang terdidik dan terampil sangat mempengaruhi pertumbuhan start up di insonesia.

 

Selain tenaga kerja yang mempengaruhi, bahasa pemrograman pun turut mempengaruhi perumbuhan satartup. Bahkan setiap perusahaan stratup menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda antara satu sama lain. Hemm kenapa ya bisa seperti itu.

 

Alasan paling umum karena kode warisan. Maksudnya CTO pertama kali memilih bahasa pemrograman yang paling di kuasai oleh timnya. Pastinya berbeda-beda kemampuan setiap orang.

 

Perusahaan startup yang menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda, dilihat dulu dari jenis perusahaannya apa? Banyak jensi perusahaan staratup berbasis teknologi informasi.

 

Dilihat dari trend dan juga info job career di beberapa stratup di indonesia berikut ini bahasa pemrograman yang paling di cari saat ini.


JavaScript

Javascrip merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer saat ini dikalangan programer. Javascript adalah bhasa pemrograman yang awalnya dirancang untuk berjalan di beowser.

Tidak hanya berkerja di lingkungan front end tetapi juga sudah bisa di gunakan untuk bekerja di lingkungan back end.

 

Namun seiring perkembangan zaman, javascript tidak hanya berjalan di browser saja. Javascript juga dapat digunakan pada sisi Srver, Game, IoT, Deskrp, dsb.

 

Bagi kamu yang sedang mempelajari teknologi ini, ini merupakan langkah yang tepat di mana perkembangan teknologi web dan mobile telah bertarformasi dari SPA (singgel page application) ke PWA ( progresif web application)

 

Berikut adalah javascript framework yang paling populer:

 

  • Node Js
  • Angular Js
  • React Js

 

 

Python

Python menjadi salah satu bahasa  pemrograman yang banyak digunakan, baik oleh programer maupun para praktisi data. Python termasuk bahasa pemrograman yang mudah digunkan serta lebih fleksibel dan mampu mengerjakan banyak pekerjaan jika dibanding kan dengan bahasa pemrograman yang lainnya, seperti mengolah data, mendeploy model kedalam website, IoT, dan masih ganyak lagi. Tentu saja hal tersebut didukung oleh banyaknya library yang disediakan oleh python.

 

Bahas pemrograman ini cukup diminati di Indonesia, hal ini terlihat di beberapa startup yang menggunakan python untuk membangun websitenya. Diantaranya Gojek yang merupakan penyedia layanan ride sharing, kemudian mekar.id yang merupakan penyedia layanan P2P bagi UKM.

 

Framework yang cukup diminati developer python?:

  • Django Framework 
  • Flask Frmaework

 

Golang (go)

Golang merupakan bahasa pemrograman yangdikembangkan oleh Google pada tahun 2007 menggunakan bahas apemrograman C oleh Robert Grisemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Kemudian dirilis sebagai bahasa pemrograman open source pada tahun 2009.

 

 Meskipun pendatang baru, perkembangan bahasa pemrograman ini cukup pesat. Salah satu produk yang di bangun dari bahas ini adalah kubernetes. Golang adalah bahasa yang disandingkan dengan C++ dalam hal performa.

 

Kabar baik buat kamu yang tertarik mempelajari bahasa Go, Go di pakai sebagian besar startup di Indonesia.

 

Java

Java ditulis sebagai bahasa pemrograman yang portabel dan bisa digunakan lintas platform. Banyak produk-produk yang diciptakan dangan bahas Java. Di Indonesa pengguna bahasa Java cukup banyak.

 

Starttup yang menggunakan bahasa Java diantaranya tiket.com dan blibli.com. Framework yang populer di lingkungan bahasa java?, salah satunya spring framework.

 

PHP

Bahasa pemrograman ini populer dalam pengembangan web. Bahasa pemrograman ini umum di pakai dalam pembuatan dan pengembangan suatu web. Meskipun saat ini peminatnya mulai menurun tetapi bahasa ini masih teteap jadi bahasa pilihan.

 

Salah satu framework yang cukup populer dan banyak di gunakan di indonesia saat ini salah satunya laravel.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :