thumbnail

Bagaimana Buka Puasa di Pesawat Terbang?

21 April 2022

Cara Menentukan Waktu Imsak & Berbuka Puasa Jika Di Atas Pesawat Atau  Penerbangan - LIBUR

Foto: www.libur.com

Melansir muslim.or.id, mengenai berbuka puasa di dalam pesawat terbang sudah dijelaskan dalam Fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullahu Ta’ala, yakni:


Kondisi Pertama

Khusus Sultan! Dubai Tawarkan Buka Puasa Naik Jet Pribadi, Biayanya Rp 260  Juta | kumparan.com

Foto: kumparan.com

Selama ramadhan, terdapat jadwal take off sebagaian penerbangan ketika waktu adzan maghrib, sehingga penumpang (bisa) berbuka puasa saat di bandara. Kemudian, setelah pesawat take off dan semakin tinggi dari permukaan bumi, maka akan terlihat bulatan matahari dengan jelas. Mengenai hal itu, apakah penumpang harus menahan diri dari makan dan minum  atau  boleh menyempurnakan buka puasanya di pesawat terbang? 

Menjawab kondisi pertama ini, maka penumpang jangan menahan diri dari makan dan minum dan teruskan buka puasanya di pesawat, karena telah buka puasa sesuai dengan tuntutan dalil syariat, berdasarkan firman Allah Ta’ala:

ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ

“Kemudian sempurnakanlah puasa sampai malam” (QS. Al-Baqarah [2]: 187)


Hal itu juga berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِذَا أَقْبَلَ اللَّيْلُ مِنْ هَا هُنَا، وَأَدْبَرَ النَّهَارُ مِنْ هَا هُنَا، وَغَرَبَتِ الشَّمْسُ فَقَدْ أَفْطَرَ الصَّائِمُ

“Jika malam telah datang dari sisi sebelah sini (beliau berisyarat ke arah timur), dan ketika siang telah pergi dari sisi sebelah sini (beliau berisyarat ke arah barat), dan matahari telah tenggelam, maka telah masuk waktu berbuka bagi orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari no. 1954)


Kondisi Kedua 

Ayo Rasakan Sensasi Buka Puasa Bermenu Timur Tengah di Pesawat Mewah Satu  Ini - Blog TribunJualBeli.com

Foto: blog.tribunjualbeli.com

Ketika safar di Bulan Ramadhan dan di tengah perjalanan sampailah waktu malam, sedangkan saat itu masih berada di dalam pesawat,  maka kapankah waktu yang tepat untuk penumpang berbuka puasa? Apakah berbuka saat bulatan matahari tidak terlihat lagi atau mengikuti waktu di negeri (daerah) penumpang berada di atasnya?

Menjawab Kondisi kedua ini, penumpang hendaknya berbuka puasa saat melihat matahari sudah tenggelam. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِذَا غَابَتِ الشَّمْسُ مِنْ هَا هُنَا، وَجَاءَ اللَّيْلُ مِنْ هَا هُنَا، فَقَدْ أَفْطَرَ الصَّائِمُ

“Jika matahari tenggelam dari sisi sebelah sini (arah barat), dan malam datang dari sisi sebelah sini (arah timur), maka telah masuk waktu berbuka bagi orang yang berpuasa” [HR. Muslim no. 1101]


Kondisi Ketiga

Khusus Sultan! Dubai Tawarkan Buka Puasa Naik Jet Pribadi, Biayanya Rp 260  Juta | kumparan.com

Foto: kumparan.com

Ketika terjadi mendung, maka bagaimanakah waktu berbuka puasa para penumpang yang sedang di dalam pesawat?

Menjawab kondisi ketiga ini, jika telah yakin matahari sudah tenggelam, maka berbukalah. Karena pada suatu hari di kota Madinah dan saat itu mendung, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya berbuka puasa. Namun ternyata, setelah berbuka puasa, matahari masih terlihat. Kemudian, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan para sahabat untuk menahan diri dari makan dan minum dan tidak memerintahkan para sahabat untuk mengganti puasa hari tersebut (puasa di hari itu tetap sah) [HR. Bukhari no. 1959, diriwayatkan dari Asma’ binti Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiyallahu Ta’ala  ‘anha]

Referensi: Buka puasa di pesawat terbang


 📢📢📢 Ramadhan momen yang baik untuk berbernah diri dan memperbanyak amal sholeh💪🏻 Yuk yuk berdonasi, menyimak tausiyah, ikutan event berfaedah dan amal baik lainnya 🤩

Bersama Muslimlife, ayo berbenah menjadi lebih baik dan semangat menebar kebaikan serta kasih sayang melalui fitur :

🌿 Donasi di Charity Corner Muslimlife

🌿 Asuh Hafidz Muslimlife, dll

🌿 Klinik Al-Fatihah dan Al-Quran Digital


Daaan ayoo akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

📎 Dengan berlangganan cuma 500/hari, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

📎 Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

📎 Metode pembayaran mudah & beragam dengan 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)

🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan urusan kita, Aamiin. 

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :