thumbnail

Kumpulan Ayat Dan Hadits Tentang Riba

16 Juni 2022

Riba merupakan salah satu dosa besar yang harus Sahabat Muslim hindari. Setelah mengenal macam dan contoh yang mungkin terjadi di sekitar Kita dan tidak disadari, maka ada baiknya pula untuk mengenal dasar hukum dalam syariat Islam yang menyatakan bahwa riba merupakan praktek yang diharamkan. Ada beberapa ayat dan hadits tentang riba yang bisa dijadikan pedoman hukum untuk menyatakan bahwa riba merupakan sesuatu yang haram dan wajib dihindari.

 

Mengenal 10 Ayat Al Quran dan Hadist tentang Riba

Ada cukup banyak ayat Al Quran yang bisa dijadikan pedoman yang menyatakan bahwa riba merupakan sesuatu yang diharamkan oleh Allah. Berikut ini beberapa ayat dan hadits tentang riba yang menegaskan larangan melakukan praktek riba.

1. Al Baqarah ayat 275

Salah satu ayat dalam Al Quran yang menyebut kekeliruan manusia dalam membedakan riba dengan jual-beli, ada pada surat Al Baqarah ayat 275. Ayat tersebut memiliki arti:

Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

2. Al Baqarah 276

Pada ayat ini diterangkan bahwa serang pelaku riba tidak akan mendapat keberkahan atas harta yang didapat melalui praktek yang melibatkan riba. 

Ayat 276 dari surat Al Baqarah ini memiliki arti : Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.

3. Al Baqarah ayat 278

Pada ayat 278 surat Al Baqarah ini ditegaskan bahwa Allah telah melarang secara mutlak praktek riba. Ayat ini melarang siapapun untuk mengambil sisa riba yang belum dipungut yang dahulu pernah dipraktekkan. Surat Al Baqarah ayat 278 ini memiliki arti : Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman.

4. Al Baqarah ayat 279

Ayat ini mengabarkan bahwa pelaku riba seperti sedang berperang melawan Allah dan Rasulnya. Ini menjadi penegasan larangan riba yang menjadi penjelas dari ayat sebelumnya. Surat Al Baqarah ayat 279 ini memiliki arti: Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba ), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.

5. Ali Imran ayat 130

Ayat ini merupakan salah satu tahapan dalam pengharaman riba, dimana saat itu pengambilan riba yang berlipat ganda tidak akan mendatangkan keberuntungan bagi pelakunya.

Surat Ali Imran ayat 130 ini memiliki arti : Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.

6. An Nisa ayat 161

Surat ini menyatakan tentang azab yang akan diterima oleh mereka yang memakan riba. Surat An Nisa ayat 161 memiliki arti : Dan disebabkan mereka memakan riba , padahal sesungguhnya mereka telah dilarang dari padanya, dan karena mereka memakan harta benda orang dengan jalan yang batil. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih.

7. Ar Rum ayat 39

Surat ini mengingatkan bahwa riba tidak menambah harta dan zakat merupakan cara untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Surat Ar Rum ayat 39 memiliki arti : Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).

8. Al Baqarah ayat 188

Ayat ini berisi tentang larangan untuk memakan harta secara batil yang salah satunya berbentuk memakan riba. Surat Al Baqarah ayat 188 ini memiliki arti : Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.

9. Hadist tentang Riba Riwayat Ibnu Majah

Sedangkan hadist yang secara khusus melarang praktek riba bisa diperoleh dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda; "Riba itu ada tujuh puluh dosa. Yang paling ringan adalah seperti seseorang menzinahi ibu kandungnya sendiri." Hadist ini diriwayatkan oleh HR. Ibnu Majah. Ini juga menjadi salah satu dasar hukum haramnya riba berdasarkan ayat dan hadits tentang riba.

10. Hadist Riwayat Al Hakim

Terdapat dua hadist tentang riba yang diriwayatkan oleh HR Al Hakim yaitu; "Riba itu ada 73 pintu (dosa). Yang paling ringan adalah seperti dosa seseorang yang berzinah dengan ibu kandungnya sendiri" dan hadist berikutnya adalah;  "Apabila telah marak perzinaan dan praktek ribawi di suatu negeri, maka sungguh penduduk negeri tersebut telah menghalalkan diri mereka untuk diadzab oleh Allah."

 

Penutup

Itulah 10 ayat dan hadits tentang riba yang bisa digunakan sebagai pedoman untuk menghindarkan diri dari salah satu dosa besar tersebut.

Yuk berlangganan konten-konten islami gratis dari Muslimlife.id! Cukup register gratis dan dapatkan konten-konten bermanfaat yang up to date setiap harinya serta bonus kode voucher gratis yang bisa sahabat muslim gunakan untuk mengakses layanan berbayar Muslimlife.id.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :