thumbnail

Awas Dosa Kamu Dilipatgandakan Di Bulan Muharram!

10 Agustus 2022

Kita baru saja memasuki tahun yang baru dalam kalender Islam. Di bulan pertama tahun ini atau bulan muharram sebaiknya kita dapat mengintropeksi diri untuk menjadi seseorang yang lebih baik dibandingkan tahun yang lalu. Selain menjadi momen untuk mengintropeksi diri ada banyak hal-hal positif yang dapat kita lakukan apalagi bulan muharram memiliki banyak keutamaan dibandingkan bulan-bulan yang lain. Kira-kira apa saja keutamaan bulan muharram? Yuk simak ulasan berikut!

7 Amalan yang Baik di Bulan Ramadan

Photo : CNN Indonesia

1. Amalan Baik Pahalanya Akan Dilipatgandakan

Bulan muharram merupakan waktu yang sangat baik untuk melakukan segala ibadah dan amalan baik kerena di bulan ini pahala akan dilipatgandakan. Bahkan bulan Muharram juga menjadi salah satu bulan “haram” didalam kalender hijriah. Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda didalam hadistnya mengenai bulan Muharram :

"Maka sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan kalian semua haram (mulia) atas kalian seperti mulianya hari ini, di negeri ini, dan di bulan ini. Dan sesungguhnya kalian akan menghadap Tuhanmu sekalian dan Dia akan bertanya kepada kalian tentang amal perbuatkan kalian." (HR. Bukhari dan Muslim).


2.Salah Satu Bulan Yang Dimuliakan

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan dari empat bulan haram atau bulan yang dimuliakan oleh umat Islam. Keempat bulan tersebut adalah Dzulqaadah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Selama bulan-bulan tersebut umat Islam dilarang untuk melakukan peperangan. Adanya keutamaan bulan Muharram dalam Islam ini dijelaskan dalam Al-Qur’an surat at-Taubah ayat 36:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya :

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa." (QS. At Taubah: 36)


3. Waktu Terbaik Untuk Berpuasa Setalah Bulan Ramadhan

Waktu terbaik untuk berpuasa adalah bulan Ramadhan karena umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan puasa selama satu bulan penuh. Setelah Ramadhan waktu kedua terbaik untuk melaksanakan puasa adalah di bulan Muharram. Adanya keutamaan puasa bulan Muharram dalam Islam ini dijelaskan dalam hadist berikut :

شَهْرُ اللهِ المُحَرَّمُ ، وَأفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الفَرِيضَةِ

Artinya :

"Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram, dan sebaik-baik sholat setelah sholat fardhu adalah sholat malam." (HR Muslim)

Selain itu, dalam sebuah riwayat yang dijelaskan oleh Ali bin Abi Thalib, keutamaan bulan Muharram dalam Islam adalah berpuasa maka akan diterima taubatnya. Hal ini seperti dijelaskan dalam hadist berikut :

ان كنت صائما شهرا بعد رمضان فصم المحرّم فإنه شهر الله، وفيه يوم تاب الله فيه على قوم ويتوب على آخرين

Artinya

"Jika engkau ingin berpuasa setelah Ramadan, maka berpuasalah pada bulan Muharram. Sesungguhnya bulan tersebut adalah bulan Allah dan pada bulan itu terdapat satu hari di mana ketika suatu kaum bertaubat, Allah juga menerima taubat kaum yang lain." (HR Tirmidzi)


4. Amalan Buruk Dosanya Juga Akan Dilipatgandakan

Selain mendapatkan pahala yang berlipatganda, di bulan Muharram apabila seseorang melakukan perbuatan buruk maka dosanya juga akan dilipatgandakan. Oleh karena itu umat Islam sangat-sangat diingatkan untuk tidak melakukan perbuatan buruk selama bulan muharram. Hal ini dijelaskan dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir berikut ini:

ثُمَّ اخْتَصَّ مِنْ ذَلِكَ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ فَجَعَلَهُنَّ حَرَامًا، وعَظم حُرُماتهن، وَجَعَلَ الذَّنْبَ فِيهِنَّ أَعْظَمَ، وَالْعَمَلَ الصَّالِحَ وَالْأَجْرَ أَعْظَمَ.

Artinya

"Allah SWT mengkhususkan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada, bahkan menjadikannya mulia dan istimewa, juga melipatgandakan perbuatan dosa disamping melipatgandakan perbuatan baik." (Ibnu Katsir)


5. Banyak Peristiwa Penting Umat Islam di Bulan Muharram

Bulan muharram merupakan bulan yang sering menjadi saksi berbagai peristiwa penting yang dialami oleh para Nabi. Beberapa peristiwa-peritistiwa yang pernah terjadi antara lain Nabi Adam diciptakan, bertaubat dan masuk kedalam surga, Nabi Musa diselamatkan oleh Allah Ta’ala dari kejaran Firaun dan pasukannya yang ditenggelamkan di laut merah,  Nabi Yunus selamat dan keluar dari perut ikan, Nabi Isa dilahirkan dan diangkat kelangit, serta Nabi Sulaiman menduduki singgasana kerajaan besarnya.

Sumber : Keutaman Muharram


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :