thumbnail

Apa Itu Taaruf Dan Bagaimana Caranya Sesuai Tuntunan Islam

14 April 2022

Apa itu taaruf dan bagaimana caranya melakukan taaruf tersebut sudah seharusnya diketahui oleh sahabat muslim yang selalu berpedoman pada agama sebagai tuntunan. Oleh karena itu, jika sahabat muslim memang taat terhadap agama Islam sangat disarankan untuk menjalankan proses taaruf ini dengan sebaik-baiknya.

 

Apa Itu Taaruf

Seperti yang sudah pernah disinggung dan dijelaskan, bahwa taaruf memiliki pengertian sebagai sebuah proses perkenalan awal dua insan pria dan wanita untuk bisa membangun sebuah pernikahan dan rumah tangga yang selalu diberkahi yang terdapat dalam aturan Islam. Apa itu taaruf dan bagaimana caranya sudah diatur dalam Islam secara lengkap.

Taaruf memang sudah menjadi aturan tersendiri bagi semua sahabat muslim untuk bisa mendapatkan pasangan secara halal.

 

Batasan Syar'i Taaruf

Bukan hanya sekedar mengerti dan memahami pengertian dan makna taaruf secara syar'inya, tetapi juga ada batasan dari taaruf yang juga perlu sahabat muslim ketahui dan pahami. Berikut ini batasan syar'i dalam menjalani taaruf yang benar:

1. Niat Yang Benar.

Niat ingin menikah bukan sekedar ingin dapat kenalan baru atau coba-coba saja. niat ini harus dimiliki oleh sahabat muslim lebih dahulu sebelum memutuskan untuk bertaaruf dengan lawan jenis.

2. Tidak Khalwat (Berdua-duaan).

Status keduanya ketika taaruf adalah bukan mahram sehingga laki-laki dan perempuan yang menjalani proses taaruf haram hukumnya berduaan tanpa mahram.

3. Menjaga Batasan Komunikasi.

Pembicaraan yang terjadi ditujukan untuk mengenal calon pasangan apakah sesuai dengan kriteria masing-masing sebagai calon pendamping hidup.

4. jaga pandangan dan menutup aurat.

karena baru sebatas proses taaruf dan belum halal menurut Islam maka masing-masing calon wajib menjaga pandangan dan tetap menutup aurat.

 

Tata Cara Taaruf Syar'i

Setelah batasan syar'i, berikut ini adalah tata cara taaruf yang perlu diketahui oleh semua sahabat muslim. Apa itu taaruf dan bagaimana caranya sudah bisa diketahui dengan jelas, dimana tata caranya antara lain adalah:

tata cara taaruf syar'i
1. Tukar CV Taaruf

Proses pertama sebelum menjalani taaruf yang paling mudah untuk mengenali calon pasangan di tahap awal adalah dengan sama-sama bertukar CV Taaruf melalui penghubung / orang terdekat masing-masing calon. Dari proses ini, masing-masing calon bisa mendapatkan gambaran umum biodata calon pasangan apakah sudah sesuai dengan kriteria ideal calon pasangan atau belum. Jika tahap ini ada kecocokan, bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Baca juga:
Cara Membuat CV Taaruf Yang Benar Dan Syar'i

2. Mendatangi Orang Tua / Walinya

Hal berikutnya yang harus dilakukan untuk bertaaruf adalah mendatangi orang tua dari orang yang akan sahabat muslim ajak bertaaruf. Terutama bagi pihak laki-laki sudah seharusnya mendatangi orang tua pihak wanita untuk mengatakan tujuan sahabat muslim dalam bertaaruf agar tidak terjadi kesalahpahaman.

3. Nazhar / Melihat Calon

Tahap ini biasanya dilaksanakan bersamaan dengan pertemuan dengan pihak orang tua / wali / atau keluarga calon pasangannya. Khusus tahap ini dalam proses taaruf, Allah SWT telah membolehkannya melalui hadits nabi:

انْظُرْ إِلَيْهَا فَإِنَّهُ أَحْرَى أَنْ يُؤْدَمَ بَيْنَكُمَا

"Lihatlah wanita itu, agar cinta kalian lebih langgeng."
(HR. Turmudzi 1087, Ibnu Majah 1865 dan dihasankan al-Albani)

Tujuan dari nazhar ini adalah untuk memberikan motivasi bagi pihak laki-laki untuk menyegerakan pernikahan. Hal ini dikarenakan agar proses taaruf tidak berlama-lama / menggantung. Laki-laki yang sudah memenuhi syarat menikah dan sudah bertemu dengan calon yang cocok, disunnahkan untuk menyegerakan untuk menikah. Hal inilah yang menjadi perbedaan taaruf dan pacaran.

4. Memberi Hadiah

Tahapan taaruf berikutnya adalah bersifat opsional, yaitu memberi hadiah kepada calon pasangan (bukan keluarganya). Hal ini juga bisa menjadi motivasi bagi pihak perempuan untuk menyegerakan mengambil keputusan menikah. Jika proses taaruf berlanjut ke jenjang pernikahan maka hadiah tersebut menjadi hak calon pasangan perempuan, tapi jika batal menikah makan hadiah bisa dikembalikan.

Sebenarnya proses taaruf sendiri sudah cukup sampai di tahap ini. Tapi jika sahabat muslim ingin tahu tahapan selajutnya pasca taaruf, yaitu penentuan keputusan diterima atau tidaknya hingga ke jenjang pernikahan, silahkan simak pejelasan lanjutan di bawah ini.

5. Shalat istikharah jodoh

Dikarenakan proses yang cukup singkat tanpa melalui proses pendekatan untuk menghindari terjadinya zina, maka sahabat muslim (khusunya pihak perempuan) bisa melakukan shalat istikharah dan bermunajat kepada Allah SWT jika merasakan sedikit keraguan. Serahkan semua keputusan kepada pemilik hati manusia yang mampu membolak balikan hati. Bisa dipastikan dengan melakukan shalat Istikharah ini, keyakinan akan muncul di hati sahabat muslim sebelum mengambil keputusan apakah proses taaruf yang telah dijalani ini akan berlanjut ke jenjang pernikahan atau tidak.

6. Melakukan Lamaran (Khitbah)

Jika memang sudah yakin untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, maka sahabat muslim diharuskan untuk melakukan khitbah atau lamaran di dalam Islam. Untuk bisa menunjukkan bahwa sahabat muslim memang memiliki tujuan untuk membina hubungan dengan orang yang telah diajak taaruf tersebut.

7. Akad Nikah

Tahap akhir dari proses taaruf ini memang bertujuan mencapai sebuah ikatan pernikahan yang dilakukan melalui sebuah akad nikah. Setelah lamaran, tentunya proses selanjutnya adalah melakukan akad nikah seperti yang sudah diaturkan dalam Islam.

Setelah semua tahap dan proses itu selesai, maka sahabat muslim dan pasangan sudah menjadi halal dan bisa menjalin hubungan dengan leluasa tanpa takut dosa. Bahkan, sahabat muslim bisa membina rumah tangga sekaligus menjalani pacaran dengan lebih indah karena sudah halal dan sah dimata agama.

 

Penutup

Itulah beberapa poin yang menjelaskan apa itu taaruf dan bagaimana caranya, jika sahabat muslim sudah siap untuk bertaaruf dengan seseorang. Bukan hanya terhindar dari dosa, tapi justru akan bisa menjadi ladang pahala bagi keduanya.

Yuk berlangganan konten-konten islami gratis dari Muslimlife.id! Cukup register gratis dan dapatkan konten-konten bermanfaat yang up to date setiap harinya serta bonus kode voucher gratis yang bisa sahabat muslim gunakan untuk mengakses layanan berbayar Muslimlife.id.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :