thumbnail

Apa itu Ibadah Mahdhah? Dan Apa Saja Contohnya

25 Juli 2022

Apa itu Ibadah Mahdhah? - Ibadah adalah inti dari tujuan makhluk diciptakan. Baik jin maupun manusia. Pada dasarnya setiap bagian dari kehidupan setiap makhluk, terutama manusia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Tetapi apakah ini berarti bahwa seorang manusia harus menghabiskan seluruh waktunya untuk berdoa, berdzikir, berpuasa, dan segala bentuk ritual ibadah pada umumnya?

Setiap aspek kehidupan manusia adalah ibadah. Oleh karena itu, dalam Islam ada dua jenis ibadah. Yaitu ibadah mahdhah dan ibadah muamalah atau ibadah ghairu mahdhah. Tahukah Sahabat Muslim apa itu ibadah mahdhah?

 

Pengertian Ibadah Mahdhah

Ibadah mahdhah adalah ibadah yang tata caranya telah ditentukan oleh sang pencipta yang kemudian diperintahkan oleh Nabi untuk dilaksanakan olehnya dan umatnya. Ibadah ini adalah ibadah yang memiliki syarat, rukun, dan ada yang membatalkannya jika syarat dan rukun itu tidak terpenuhi.

 

Hukum-hukum Ibadah Mahdhah

Wajib

Ibadah mahdhah adalah ibadah yang sebenarnya kita lakukan setiap hari sesuai dengan perintah Allah dan sesuai dengan ketentuan atas dasar rukun Islam, yang meliputi syahadat, shalat, zakat, puasa, haji jika mampu. Nah, hal-hal tersebut adalah beberapa contoh ibadah mahdhah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim.

Secara mudah, suatu ibadah mahdhah hukumnya wajib jika ada nash yang memerintahkan sekaligus memberikan celaan atau indikasi kemurkaan Allah SWT bagi yang tidak mau melaksanakannya.

Sunnah

Adapun ibadah mahdhah itu hukumnya sunnah apabila jika hanya terdapat nash yang berisi tentang perintah atau anjuran dalam mengerjakan suatu ibadah, tanpa disertai celaan atau indikasi kemurkaan Allah SWT bagi yang tidak mengerjakannya.

Adapun jika ibadah yang kita lakukan itu sunnah, jika ada syarat dan ketentuannya, rukun-rukunnya, dan ada yang bisa membatalkannya, maka ibadah sunnah itu juga tergolong ibadah mahdhah. Dalam hal ini ibadah mahdhah juga ditunjukkan dengan niat utama bagi yang melakukannya.

Dimana ingin mengharap keridhaan Allah SWT dan agar mendapatkan pahala di akhirat kelak. Perlu dipahami bahwa ibadah mahdhah hanya dapat diketahui melalui perantara Rasulullah dengan cara Allah memberikan jalan wahyu kepadanya. tidak ada jalan lain, termasuk melalui akal atau budaya kehidupan masyarakat pada umumnya.

 

Contoh Ibadah Mahdhah

Wudhu

Wudhu adalah cara mensucikan anggota tubuh dengan air. Setiap muslim wajib mensucikan diri setiap kali shalat, karena wudhu merupakan salah satu syarat sahnya shalat.

Tayamum

Suatu tindakan mensucikan diri dari hadas besar dan kecil tanpa menggunakan air, dalam Islam tayamum menggunakan pasir atau debu, sebagai pengganti wudhu.

Puasa

Puasa adalah ibadah utama yang ditetapkan menjadi salah satu rukun Islam. Puasa berarti menahan diri dari makan, minum, dan berbicara dari matahari terbit sampai terbenam menurut ketentuan yang ditentukan.

Sholat

Sholat adalah tiang agama bagi umat Islam. Sholat adalah salah satu tempat kita berdoa untuk mencurahkan segala keluh kesah kita. Sholat juga menjadi ketenangan jiwa bagi yang mengamalkannya.

Mandi Hadas

Mandi hadas atau mandi wajib adalah mandi atau menuangkan air ke seluruh tubuh dengan cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar, sesuai dengan syariat Islam.

Haji

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang dilaksanakan jika mampu. Haji adalah kegiatan mengunjungi Ka'bah dengan melakukan rangkaian ibadah di Masjidil Haram dan sekitarnya, baik berupa haji maupun umrah.

Umroh

Umrah adalah rangkaian kunjungan ke Ka'bah dengan rangkaian khusus disekitarnya. Perbedaan haji dan umroh sendiri adalah tidak ada wukuf di Arafah, berhenti di Muzdalifah, menunaikan haji dan tinggal di Mina. Jadi ziarah dalam bentuk sederhana yang sering disebut umrah atau ziarah kecil.

Zakat

Zakat merupakan salah satu ibadah utama dan salah satu rukun Islam yang dapat diartikan membersihkan, menumbuhkan dan memberkati. Ada dua macam zakat, yaitu zakat mal atau yang disebut dengan zakat harta dan zakat untuk diri sendiri yang dikeluarkan pada akhir bulan Ramadhan yang disebut juga dengan zakat fitrah.

Adzan

Untuk mengetahui waktu shalat, Allah SWT telah menetapkan adzan sebagai Sahabat Muslim masuknya waktu shalat dan bersiap-siap untuk menunaikannya.

Iqamah

Iqamah adalah salah satu ibadah mahdhah yang berarti menegakkan shalat dengan lafadz tertentu.

Demikian ulasan tentang Apa itu Ibadah Mahdhah? Dan Apa Saja Contohnya, semoga bermanfaat.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :