thumbnail

Apa Aja sih Keunggulan Dompet Digital?

03 Agustus 2022

Perkembangan teknologi semakin cepat dan pesat. Hampir seluruh lini kehidupan telah terdigitalisasi oleh perkembangan teknologi. Adanya perkembangan teknologi ini, banyak pekerjaan manusia menjadi lebih mudah untuk dilakukan, termasuk dalam hal keuangan. Salah satu produk teknologi yang saat ini banyak digunakan adalah teknologi dompet digital atau e-wallet. Dompet digital merupakan dompet elektronik yang digunakan sebagai alat transaksi non-tunai. Saat ini, transaksi non tunai juga menjadi pilihan bagi kaum milenial untuk melakukan berbagai macam transaksi karena lebih mudah digunakan sebab pengguna tidak perlu lagi membawa uang fisik dalam jumlah besar di dompet saku yang memang lebih rawan dan berisiko hilang atau dicuri. Selain itu, kira-kira apa saja sih keunggulan menggunakan dompet digital lainnya? Yuk simak ulasan berikut.


1. Lebih Mudah, Praktis, dan Efisien


ShopeePay Ungguli e-Wallet, Berikut Poin Penting yang Harus di Pelajari  Aplikasi Dompet Digital

Foto: Suara.com

Dibandingkan dengan dompet saku, penggunaan dompet digital jauh lenih mudah praktis, dan efisien karena penggunaannya berbasis online. Penggunaan dompet digital membuat pengguna tidak perlu pergi ke ATM untuk mengambil uang karena dompet digital langsung terhubung dengan smartphone. Selain itu transaksi di dompet digital sangat cepat dan praktis karena pengunaannya bisa melalui scan, top-up atau transfer.


2. Tansaksi Lebih Cepat

Mengenal e-Wallet dan Manfaatnya untuk Transaksi Online

Foto : Digination.id

Proses transaksi didalam dompet digital lebih cepat dibandingkan dompet saku. Hanya dengan mengklik tombol dan memasukkan kode verifikasi maka sudah dapat menjalankan transaksi disaat itu juga. Dengan mengunnakan dompet digital tidak aka nada uang kembalian karena transaksi dilakukan dengan saldo yang pas.


3. Keamanan Transaksi Lebih Terjaga

Saat ini, dompet digital sudah dijamin oleh Bank Indonesia sehingga pengguna tidak perlu takt lagi terhadap perampokan maupun pencurian saldo dan data digital. Penggunaan dompet digital juga menggunakan pin dan kode verifikasi yang hanya diketahui oleh pemilik akun. Pin dan kode ini biasanya dugunakan saat akan login dan saat akan bertransaksi. Sehingga saldo yang pengguna miliki tidak akan mudah dipindahkan ke akun yang lain tanpa persetujuan pengguna. Tidak seperti dompet saku, dompet digital juga tidak akan mudah hilang maupun jatuh sehingga jelas lebih aman.


4. Dapat Melihat Riwayat Atau History

Salah satu keunggulan mengunaakan dompet digital adalah adanya fitur riwayat pemakaian. Dengan adanya riwayat pemakaian, pengguna dapat mengetahui kemana saja uang atau saldo pengguna keluar. Selain itu, riwayat pemakain dapat menjadi laporan keuangan pengguna. Dengan adanya laporan keuangan pengguna dapat membuat rincian keungan harian, bulanan ataupun tahunan.


5. Dapat Digunakan Untuk Berbagai Keperluan Transaksi Keuangan

Saat ini banyak dompet digital yang bekerjasama untuk berbagai transaksi keuangan. Layaknya dompet saku, dompet digital dapat digunakan untuk segala macam transaksi seperti belanja online maupun offline, pembayaran tagihan seperti tagihan listrik, air, BPJS, PLN, dan sebagainya, transfer online ke rekening bank tertentu atau ke nomor telepon sesama pengguna dompet digital tersebut, membeli pulsa atau paket data internet, memesan tiket bioskop, membeli makanan,  investasi online, dan bahkan bersedekah.

Dengan banyaknya kemudahan yang diberikan oleh dompet digital, sebagai pengguna kita juga harus tetap bijak dalam menggunakannya. Menurut sebagian orang, transaksi menggunakan dompet digital akan cenderung membuat orang lebih konsumtif dan boros  karena pengguna tidak melihat bentuk fisik uang yang dihabiskan.  Sehingga penting untuk bijak mengelola keuangan melalui dompet digital.

Sumber: Dompet Digital

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :