thumbnail

Amalan Doa Untuk Diri Sendiri Agar Lebih Baik

14 Juli 2022

Amalan Doa Untuk Diri Sendiri Agar Lebih Baik - Sholat adalah cara Sahabat Muslim berkomunikasi dengan Sang Pencipta sebagai bentuk rasa syukur atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain sholat, ada banyak jenis doa untuk diri Sahabat Muslim sendiri yang perlu Sahabat Muslim ketahui dan amalkan. Wajib bagi umat Islam untuk selalu mensyukuri nikmat dan rezeki yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Tanda syukur ini bisa dengan memanjatkan doa untuk diri sendiri, orang tua, keluarga, atau orang lain. Sholat juga merupakan salah satu tempat Sahabat Muslim mengadu, memohon pertolongan, dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Untuk itu, yuk cari tahu Amalan Doa Untuk Diri Sendiri Agar Lebih Baik.

 

Kumpulan Doa Untuk Diri Sendiri Agar Lebih Baik

Nabi Muhammad SAW menasehati umat Islam untuk memprioritaskan doa untuk diri sendiri terlebih dahulu sebelum berdoa untuk orang lain. Selain itu, bukan berarti Islam mengajarkan 'egois', melainkan syariat yang diturunkan dari Sang Pencipta. Mendoakan diri sendiri terlebih dahulu merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum meminta doa bagi anggota keluarga seperti anak, suami atau istri, orang tua atau lainnya. Berikut kumpulan doa untuk diri sendiri yang bisa Sahabat Muslim amalkan.

1. Doa Murah Rezeki

Sebagai manusia, berdoa memohon rezeki tentu menjadi hal yang boleh Sahabat Muslim panjatkan. Hal ini dimaksudkan untuk rezeki dan nikmat agar Sahabat Muslim bisa mendapatkan berkah di dunia dan di akhirat. Untuk meminta agar semua rezeki terpenuhi, doanya seperti dalam surat At-Taubah ayat 129.

2. Doa Sembuh Dari Sakit

Doa memohon kesembuhan dari penyakit yang Sahabat Muslim derita juga termasuk dalam berdoa agar diri Sahabat Muslim menjadi lebih baik. Permohonan doa ini agar rasa sakit yang Sahabat Muslim derita berkurang sampai Sahabat Muslim diberikan kesembuhan. Doa ini juga berlaku untuk mendoakan keluarga atau orang terdekat Sahabat Muslim untuk kesembuhan diri.

Lafadz doanya dalam Al-Qur’an Surat Al Anbiyaa ayat 83.

وَاَيُّوْبَ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗٓ اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ

"Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin."

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."

3. Doa Dipermudah Segala Urusan

Kenikmatan dari Sang Pencipta bisa dalam berbagai bentuk, salah satunya dimudahkan segala urusan Sahabat Muslim. Oleh karena itu, ada doa untuk diri sendiri untuk meminta kemudahan dan kelancaran segala urusan di dunia. Doa memohon kemudahan dalam segala urusan tertuang dalam Al-Quran Surat Al-Kahfi ayat 10.

4. Doa Kebaikan Di Dunia Dan Akhirat

Contoh doa untuk diri sendiri selanjutnya adalah mendapatkan kebaikan di dunia atau akhirat. Doa ini juga dikenal sebagai doa 'sapu jagat'. Walaupun tergolong doa yang pendek, namun makna dari doa ini cukup besar dan berdampak baik bagi Sahabat Muslim sehari-hari. Amalkan doa untuk diri sendiri agar lebih baik dalam meminta segala kebaikan di dunia dan di akhirat. Adapun biasanya dibaca setelah dzikir, sholat, atau sebelum melakukan sesuatu.

Doanya:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, waqina adzabannaar"

Artinya: Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka

5. Doa Keteguhan Hati

Sebagai manusia, Sahabat Muslim sering melakukan kesalahan dalam setiap tindakan, baik disengaja maupun tidak disengaja. Untuk menghindari berbagai dosa yang mungkin dilakukan, ada baiknya mengamalkan doa keberanian ini. Doa ini untuk diri sendiri dikatakan menjadi pribadi yang lebih baik dan tetap istiqamah di jalan Allah SWT dengan menjauhi segala larangan-Nya.

Bacaan doanya: 

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

"Ya Muqallibal qulubi tsabbit qalbi ‘ala dinika."

Artinya: Wahai Dzat yang membolak-balikan hati, teguhkanlah hatiku berada di atas agamamu.  

6. Doa Meminta Pertolongan

Contoh doa untuk diri sendiri ini adalah salah satu yang sering dilakukan setiap hari untuk mendapatkan bantuan dari Sang Pencipta. Meminta perlindungan dari segala musibah dan kesulitan, salah satunya melalui doa kepada Allah SWT. Doa memohon pertolongan dari Allah SWT sesuai dengan bacaan Al-Qur'an dalam Surat An-Nisa ayat 75.

رَبَّنَا أَخْرِجْنَا مِنْ هَٰذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ أَهْلُهَا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ نَصِيرًا

"Rabbana akhrijna min hażihil-qaryatiẓ-ẓalimi ahluha, waj’al lana mil ladungka waliyya, waj’al lana mil ladungka naṣīra."

Artinya: "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekkah) yang penduduknya zalim. Berilah kami pelindung dan sisi-Mu dan berilah kami penolong dari Sisi-Mu." (QS An-Nisa ayat 75).

Demikian ulasan tentang Amalan Doa Untuk Diri Sendiri Agar Lebih Baik semoga bermanfaat.


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :