thumbnail

Akhir Bulan Kena KanKer? Yuk ikuti tips berhemat berikut!

29 November 2022

Di akhir bulan seperti ini, banyak orang yang mengalami gejala kanker (kantong kering). Banyaknya pengeluaran yang dilakukan di awal bulan baik untuk kebutuhan sehari-hari ataupun kebutuhan mendesak membuat akhir bulan terasa begitu sulit untuk dihadapi. Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar akhir bulan tidak terkena gajala “kanker” kembali.


1. Membawa Bekal

Moms, 6 Bekal Sekolah Anak Ini Bisa Dibikin dengan Bujet Rp 30 Ribu

Photo: Lifepal

Salah satu pengeluaran terbesar yang dilakukan setiap bulan adalah pengeluaran untuk makan. Dengan membawa bekal, kamu dapat menekan pengeluaran yang biasa kamu habiskan saat makan diluar. Selain dapat menghemat pengeluaran, kamu juga dapat menjaga kualitas makanan yang kamu makan. Jika makanan yang kamu makan sehat, tubuh akan menjadi sehat. Tubuh yang sehat akan membuat kamu terhindar dari penyakit. Alhasil kamu juga dapat menghemat biaya untuk keperluan berobat.


2. Membuat Skala Prioritas

Apa itu skala prioritas? Berikut 4 kuadran dan cara membuatnya!

Photo: Ekrut

Terkadang kita sering lupa mana kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Alhasil pengeluaran bulanan menjadi membengkak. Kamu dapat menerapkan cara ini dengan membuat daftar kebutuhan yang memang diperlukan dan mana kebutuhan yang memang perlu dikesampingkan. Selain itu, mencatat pengeluaran harian juga bisa menjadi tips lain yang perlu kamu lakukan. Tak hanya membantu kamu menjadi lebih hemat, dengan mencatat pengeluaran kamu juga dapat mengetahui ke mana larinya uang bulanan kamu.


3. Jangan “Lapar Mata”

Sering kali kita membeli barang bukan karena memang kita butuhkan, melainkan karena menarik perhatian saat melihatnya atau biasa disebut “lapar mata”. Untuk menghindari ini, kamu bisa mencoba mensugestikan diri sendiri bahwa kamu belum terlalu membutuhkan barang tersebut dan akan membelinya di lain kesempatan. Kamu dapat menunda membeli keinginan untuk belanja sampai tabungan sudah cukup banyak.


4. Manfaatkan Diskon Dan Promo

Penjualan Dengan Diskon Bertingkat - ERZAP - Inovasi Tanpa Henti

Photo: Erzap

Ketika memang ingin membeli sesuatu di akhir bulan, kamu dapat memanfaatkan diskon dan promo untuk berhemat. Di akhir bulan biasanya berbagai toko sering memberikan diskon. Tidak hanya itu saja, saat ini juga banyak aplikasi yang menawarkan berbagai promo yang bisa dimanfaatkan. Namun tetap perlu diingat apakah saat ini kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut atau tidak.  Saat menggunakan transportasi online, jangan lupa pula untuk menerapkan tips cermat dengan memanfaatkan promo agar lebih hemat.


5. Cari Hiburan Yang Murah Meriah

Asyiknya Wisata Taman Kota di Jakarta... Halaman all - Kompas.com

Photo: Kompas

Saat memang keuangan sedang sulit, hal yang sebaiknya kamu lakukan adalah  mengurangi jalan-jalan atau nongkrong yang mengeluarkan banyak uang. Namun apabila kamu benar-benar membutuhkan huburan agar kamu tetap senang dan terhindar dari stres, kamu bisa mencari hiburan yang murah meriah serta melakukan bermain kegiatan seru. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan misalnya bersepeda, nonton film dirumah, jalan-jalan di taman kota dan sebagainya.

Sumber: Manajemen Akhir Bulan


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :