thumbnail

5 Akhlak Rasulullah yang Patut Diteladani

01 Agustus 2022

Mengajarkan Anak untuk Meneladani Akhlak Nabi Muhammad Sebagai Contoh dalam  Kehidupan Sehari-hari - ASILHA

Foto: asilha.com

Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam merupakan sosok yang memiliki kepribadian yang baik dan mulia. Beliau selalu berpasangka baik, tidak pernah merendahkan orang lain, tidak pernah marah, tidak berbuat keburukan bahkan juga mendoakan kebaikan kepada orang-orang yang telah berbuat keji kepadanya. Didalam Alquran, Allah Ta’ala bahkan pernah berfirman:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (QS. Al-Ahzab : 21)

Sehingga beliau sangat cocok dijadikan tokoh idola yang dapat dijadikan panutan dan contoh dalam melakukan tindakan sehari-hari. Berikut 5 akhlak Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam yang dapat diteladani dan ditiru oleh kita.


1. Tidak Mudah Marah

Nabi Muhammada Shallahu Alaihi Wassalam adalah orang yang sangat sabar dan tidak mudah marah. Bahkan ketika beliau diperlakukan keji oleh orang lain, beliau tidak pernah dendam dan hanya membalas dengan berdoa agar orang tersebut mendapat kebaikan dari Allah Ta’ala. Karakter inilah yang seharusnya dimiliki oleh semua orang Islam.Dalam Alquran, Allah Ta’ala berfirman:

وَالَّذِينَ يَجْتَنِبُونَ كَبَائِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ وَإِذَا مَا غَضِبُوا هُمْ يَغْفِرُونَ

“Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf"


2. Malu untuk Melakukan Perbuatan Buruk

Akhlak yang Baik Merupakan Ciri Seorang Muslim – Eramuslim

Foto: eramuslim.com

Rasulullah adalah orang yang sangat pemalu. Bahkan Abu Sa'id Al-Khudry RA pernah berkata, “Rasulullah lebih pemalu dibanding gadis-gadis (pingitan) yang berada di dalam rumahnya (masing-masing). Jika Rasulullah melihat sesuatu yang beliau tidak sukai, kami bisa mengetahuinya dari rona muka beliau"


3. Sabar dan Murah Hati

Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam adalah orang yang sangat sabar dan bermurah hati. Dikisahkan, setiap kali Nabi Shallahu Alaihi Wassalam melintas di depan rumah seorang wanita tua, Nabi selalu diludahi oleh wanita tua itu. Suatu hari, saat Nabi melewati rumah wanita tua itu, beliau tidak bertemu dengannya. Karena penasaran, beliau pun bertanya kepada seseorang tentang wanita tua itu. Justru orang yang ditanya itu merasa heran, mengapa ia menanyakan kabar tentang wanita tua yang telah berlaku buruk kepadanya. Setelah itu Nabi mendapatkan jawaban bahwa wanita tua yang biasa meludahinya itu ternyata sedang jatuh sakit. Bukannya bergembira, justru beliau memutuskan untuk menjenguknya. Wanita tua itu tidak menyangka jika Nabi mau menjenguknya. Ketika wanita tua itu sadar bahwa manusia yang menjenguknya adalah orang yang selalu diludahinya setiap kali melewati depan rumahnya, ia pun menangis di dalam hatinya, "Duhai betapa luhur budi manusia ini. Kendati tiap hari aku ludahi, justru dialah orang pertama yang menjengukku"


4. Berbuat Baik dengan Tetangga

Dalam hadistnya, Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda: “Jibril senantiasa mewasiatkan agar aku berbuat baik kepada tetanggaku sampai-sampai aku mengira ia kan menyuruhku memberi warisan kepada para tetanggaku.(HR. Muslim)


5. Menangis di Sisi Orang Sakit

Suatu ketika diceritakan ketika Sa'ad ibn Ubadah sakit, Rasulullah Shallahu Ailaihi Wassalam kemudian menjenguknya. Beliau mendapati Sa'ad tengah dikelilingi keluarganya. Beliau bertanya, “Sudah meninggalkah?” Mereka menjawab, “Belum, Rasulullah.” Seketika Rasulullah langsung meneteskan air mata.  Ketika orang melihat beliau menangis, mereka ikut menangis. Lalu beliau bersabda,  “Sesungguhnya Allah tidak menurunkan azab karena air mata atau kesedihan hati. Akan tetapi, Allah menurunkan rahmat-Nya juga karena ini.” (HR. Muslim)

Referensi: Kesabaran Rasulullah begitu menakjubkan


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :