thumbnail

3 Kunci Kesuksesan Seorang Muslim

22 September 2022

Islam telah memberikan berbagai macam pengajaran kepada umatnya, tidak hanya masalah agama namun juga bagaimana hidup di dunia. Salah satu yang diajarkan adalah bagaimana mencapai kesuksesan didalam hidup dunia maupuan akhirat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai seorang muslim agar kesuksesan yang dicapai juga merupakan kesuksesan yang sesuai menurut Alquran dan Sunnah. Berikut 3 kunci kesuksesan dan kebahagian seorang muslim.

Tiga Kriteria Orang Bertakwa - Hidayatullah.com

Photo: Hidayatullah.com

1. Bertakwa

Bertakwa berarti melaksanakan segala perintah Allah Ta’ala dan menjauhi segala larangan-Nya.  Bertakwa juga haruslah dilakukan dengan tawakal. Dalam Alquran, Allah Ta’ala berfirman:

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا -وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS.Ath-Thalaq: 2-3)


Cara Berbakti kepada Orang Tua Menurut Islam Lengkap dengan Dalil

Photo: iNews
2. Berbakti Kepada Orang Tua

Islam mengajarkan kepada setiap orang untuk menghormati orangtuanya. Sukses dapat diraih juga dengan kita berbakti kepada kedua orang tua kita. Sebab, dengan berbakti kepada orang tua, maka Allah Ta'ala akan memudahkan dan memberi jalan menuju kesuksesan di dunia dan di akhirat. Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda didalam hadistnya:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُمَدَّ لَهُ فِي عُمْرِهِ وَأَنْ يُزَادَ لَهُ فِي رِزْقِهِ فَلْيَبَرَّ وَالِدَيْهِ وَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Barangsiapa yang suka untuk dipanjangkan umur dan ditambahkan rezekinya, maka berbaktilah pada orang tua dan sambunglah tali silaturahmi (dengan kerabat).” (HR. Ahmad)


3. Rajin Berdoa

Doa merupakan salah satu senjata umat Islam. Doa merupakan bentuk penyerahan diri kita kepada Allah Ta’ala. Dengan berdoa dan memohon kepada Allah Ta’ala kita menunjukkan bahwa Allah Ta’ala-lah yang Maha Segalanya. Apapun yang kita minta, Allah Ta’ala dapat mengabulkannya. Dengan berdoa segala urusan dan kesuksesan mudah diraih. Anjuran untuk memperbanyak doa ini sesuai dengan hadist Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berikut:

« ما مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلاَ قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلاَثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِى الآخِرَةِ وَإِمَّا أَنُْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا ». قَالُوا إِذاً نُكْثِرُ. قَالَ « اللَّهُ أَكْثَرُ »

“Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: 1. Allah akan segera mengabulkan doanya; 2. Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan; 3. Allah akan menghindarkan (dirinya) dari kejelekan yang semisal.”

Untuk mendapatkan kemudahan dalam urusan dunia maupun akhirat, ada doa yang dapat diamalkan. Doa tersebut seperti berikut:

اللَهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

"Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah dan Engkau yang menjadikan kesedihan (kesusahan) menjadi mudah jika Engkau kehendaki.” (HR. Ibnu Hibban dan Ibnu Sunni)

Demikianlah 3 kunci kesuksesan bagi seorang muslim. Tapi satu hal lagi yang perlu diingat, jangan lupa untuk berusaha dalam mengejar tujuan yang diingankan. Karena 3 hal tadi jika dilakukan tanpa usaha dan kerja keras akan sia-sia saja.

Sumber: Sukses

 

👋🏾Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabaraktuh... Sobat Muslimlife.

Yuk move on ke dompet digital yang #NyamanDipakai karena ekosistemnya FULL SYARIAH dan GRATIS biaya top-up saldo.

1 aplikasi untuk serunya beli/bayar:

🟢Pulsa

🟢Paket Data

🟢PLN

🔵Pascabayar

🔵E-money

🔵PDAM

🔵BPJS

🔵PBB


Ikutin video tutorial proses registrasi, top-up/isi saldo dan melakukan transaksi menggunakan Muslimlife Pay dengan cara klik link video tutorial akses Muslimlife Pay


Top-upnya Gratis, Ekosistemnya Syariah Lagi!

Fix, Muslimlife Pay Idaman Banget.


Ada saran & keresahan? ☎️Hubungi Admin: 0813-6261-8258

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :