thumbnail

Al-Jazari, Bapak Robot Pertama di Dunia

14 Maret 2022

Saat ini teknologi robot maupun kecerdasan buatan (artificial intelligent) begitu massif digunakan hampir di semua lini kehidupan. Efektivitas dan efisiensi pekerjaan yang diberikan oleh teknologi ini membuat manusia berlomba-lomba untuk terus mengembangkan teknologi ini. Namun tahukah kamu, jika teknologi robot yang selama ini identik dengan dunia barat ternyata pertama kali diciptakan oleh seorang muslim? Dialah Al-Jazari.

Al Jazari, Penemu Muslim yang Ciptakan Robot Pertama Dunia | Republika  Online

Foto : republika.co.id

Ibnu Ismail Al-Jazari atau biasa dikenal sebagai Al-Jazari merupakan seorang ilmuwan muslim yang tinggal di Diyar, Bakir, Turki pada abad ke-12 M hingga abad ke-13 M. Al-Jazari adalah ahli teknik yang berhasil menciptakan alat yang mampu bekerja sendiri dengan bantuan program. Mesin robot yang diciptakan Al-Jazari berbentuk sebuah perahu yang terapung di sebuah danau yang ditumpangi empat robot pemain musik. Robot yang terdiri atas dua penabuh drum, seorang peniup harpa, dan pemain suling logam itu diciptakan untuk menghibur para tamu kerajaan dalam acara jamuan minum. Bahkan robot penabuh drum yang dirakit Al-Jazari dapat memainkan beragam irama yang berbeda-beda. Al-Jazari mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang di kemudian hari dikenal sebagai mesin robot.


Foto: Uwais

Foto : islampos.com

Selain ”robot band”, Al-Jazari juga berhasil menciptakan sebuah robot pramusaji berbentuk manusia yang bertugas untuk menghidangkan air, teh, serta jenis minuman lainnya. Minuman disimpan dalam sebuah tank dengan  penampung air. Dari penampung itu, air dialirkan ke dalam sebuah ember lalu setelah tujuh menit akan mengalir ke sebuah cangkir. Setelah itu, robot tersebut akan mengeluarkan minumannya.


Menurut Mark E Rosheim, penulis buku Robot Evolution: The Development of Anthrobotics yang diterbitkan tahun 1994, robot ciptaan Al-Jazari itu merupakan salah satu kontribusi peradaban Islam yang sangat penting bagi teknologi. Menurutnya, robot yang diciptakan peradaban Islam di awal abad ke-13 M sudah berbentuk manusia robot dan mampu membantu manusia untuk tujuan praktis namun sayangnya robot tersebut tidak diciptakan untuk kepentingan industri. Secara khusus, Rosheim juga menyimpulkan bahwa kemajuan yang dicapai dunia Islam di era kejayaan dalam bidang robotika merupakan sebuah penemuan yang lebih maju dibandingkan zaman Yunani. “Tak seperti desain Yunani, contoh robot yang diciptakan oleh dunia Islam (Arab) mampu mengundang daya tarik. Tak hanya dalam ilusi dramatis, tetapi mampu menghadirkan lingkungan yang bisa membuat manusia lebih nyaman”.


🚨🚨🚨Panggilan Kebaikan

Ayo akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

✅Cuma 500/hari❣️
✅Dengan berlangganan, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife
✅Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja
✅Metode pembayaran mudah & beragam
✅Ada 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)

💌Buruaann, belajar agama jangan ditunda-tunda yaa😊
🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan semua urusan kita, Aamiin🤲


Referensi :

Ilmuwan Islam, Al Jazari, Pembuat Robot Pertama di Dunia (mediabanten.com)



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :