thumbnail

Deretan Masjid - masjid Unik di Dunia

03 Maret 2022

Tidak hanya sebagai tempat ibadah, masjid juga sering dijadikan tujuan yang harus dikunjungi ketika muslim berpergian ke daerah tertentu. Dan ternyata, ada beberapa masjid yang terkenal mempunyai desain unik dan menjadi landmark wilayah tersebut loh. Masjid di daerah mana sajakah itu? Berikut ulasannya.


1. Masjid Biru, Turki

Masjid Biru Sultan Ahmed / Blue Mosque di Istanbul Turki Punya Menara dari  Emas?

Foto : Tourketurki.com

Masjid Biru telah sering masuk ke dalam deretan 100 masjid terindah di dunia darivberbagai versi. Masjid ini sebetulnya bernama Sultan Ahmed Mosque. Keunikan mesjid yang terletak di Turki ini terlihat jelas dari tampilan masjid yang memiliki 6 menara yang sangat terlihat indah. Keindahan lainnya terpancar dari desain dalam masjid yang dihiasi 20 ribu lukisan dinding. Tidak hanya itu, Blue Mosque mendapat cahaya alami dari kaca biru yang menghiasi bagian atas masjid, Kemudian juga terdapat chandelier, yang diisi dengan ornamen berbentuk telur burung unta.


2. Sheikh Zayed Grand Mosque, Arab Saudi

Masjid Sheikh Zayed, Abu Dhabi – Gana Islamika

Foto : Genaislamika.com

Keunikan masjid Sheikh Zayed Grand Mosque terletak pada tampilan masjid yang mengkombinasikan berbagai bahan bangunan dari banyak negara,yakni India, Malaysia, Italia dan New Zealand. Masjid yang terletak di Arab Saudi ini termasuk salah satu masjid terbesar di dunia yang memiliki kapasitas hingga 40 ribu orang dan aula utama untuk sholatnya mampu menampung hingga 7 ribu orang. Kemudian, terdapat chandelier mewah yang dihiasi kristal swarovski dan kolam besar yang menyeimbangkan bentuk dan cahaya.


3. Masjid Jami Ul-Alfar, Sri Lanka

Masjid Jamiul Alfar, Tertua dan Terunik di Kolombo | Republika Online

Foto : Republika.co.id

Masuk ke dalam daftar 10 masjid terindah di dunia, Masjid Jami Ul-Alfar terlihat sangat unik karena tampilan yang menyerupai permen,.dengan warna merah-pink dan corak garis-garis. Masjid ini dibangun pada abad ke-19 dan terletak di lokasi strategis, yakni pusat Colombo, ibukota Sri Lanka. Dikabarkan, masjid unik ini dikunjungi sekitar 10 ribu orang setiap harinya.


4. The Great Mosque of Cordoba, Spanyol

The Great Mosque Of Cordoba | Traveling in Spain

Foto : Travelinginspain.com

The Great Mosque of Cordoba atau dikenal dengan sebutan Mezquita-Catedral merupakan contoh desain masjid yang memadukan antara budaya dan sejarah. Sebelum dijadikan masjid, The Great Mosque of Cordoba dulunya adalah kuil di zaman Romawi dan katedral. Bangunan tersebut juga merupakan bangunan tertua dari zaman kejayaan Islam saat pemerintahan Spanyol. Masjid yang terletak di Spanyol ini memiliki fitur yang khas, mulai dari pola geometri hingga mihrab yang terlihat sangat indah, 


5. Masjid Qol Sharif, Rusia

Masjid Qol Sharif - Kazan city, Tatarstan, Russia #masjidRussia #Islam  #Muslim #MashaAllah #SubhanAllah | Kazan, Masjid, Beautiful mosques

Foto : Pinterest.com

Tidak hanya namanya yang indah, Masjid Qol Sharif juga punya desain yang modern dan bersih. Masjid yang dibangun pada abad ke-16 di Kota Kazan, di atas Sungai Volga ini pernah mengalami kerusakan dan kemudian di bangun kembali. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Qol Sharif juga digunakan sebagai Museum Islam dan tempat belajar sejarah. Jika dilihat diantara bangunan lain disekitarnya, Masjid Qol Sharif terlihat lebih menonjol dengan keindahannya.


6. Masjid Crystal, Malaysia

7 Penampakan Masjid Kristal yang keindahannya memukau

Foto : M.brilio.net

Masjid Crystal di Malaysia tidak terlewat dari daftar masjid yang unik dan modern di dunia. Masjid Crystal memiliki desain yang sebagian besarnya adalah besi dan kaca, sehingga menjadikannya sangat berbeda dibanding dengan masjid lain di dunia. Dari dalam, Masjid Crystal terlihat bersinar sehingga bayangannya pun menambah keindahan. Masjid ini dibuka pada 2008 dan terletak di Islamic Heritage Park, di Pulau Wan Man. Tidak hanya itu, masjid ini memiliki replika masjid-masjid terkenal di dunia, serta dilengkapi Wi-Fi.


7. Masjid Nasir Al-Mulk, Iran

Masjid Nasir Al-Mulk, Warna-Warni Elok Masjid Kuno di Daratan Persia

Foto : Phinemo.com

Keindahan Masjid Nasir Al-Mulk yang paling diingat adalah desain kaca berwarna-warni pada seluruh bangunan dan membiaskan sinar seperti warna pelangi di seluruh bangunan masjid. Masjid Nasir Al-Mulk sering dijuluki Masjid Pink karena interior bagian atas masjid yang dipenuhi warna pink. Bagi pengunjung disarankan datang ketika pagi hari dengan cahaya matahari yang terlihat lebih baik

referensi :

https://travel.detik.com/international-destination/d-4890189/7-masjid-unik-di-dunia-biru-pink-hingga-yang-mirip-permen



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :