thumbnail

Aksi Heroik Muskan Khan Viral!

24 Februari 2022

Aksi Muskan Khan menyuarakan takbir kepada puluhan demonstran yang melakukan intimidasi terhadapnya karena mengenakan hijab saat berada di kampus telah mencuri perhatian dunia. Aksi mahasiswi berusia 19 tahun ini kemudian memicu reaksi muslim India untuk menolak kebijakan pelarangan berhijab di negara bagian Karnataka, India. Berkat keberaniannya, Muskan Khan telah menjadi simbol perlawanan muslimah di India atas diskriminasi dan islamophobia yang terjadi disana.


Aksi Heroik Bibi Muskan Khan Viral dan Gemparkan Dunia

Foto : nasional.news

Muskan Khan adalah mahasiswi Perguruan Tinggi pra-Universitas Mandya Karnataka. Tahun ini Ini adalah tahun kedua baginya berkuliah disana. Selama berkuliah, Muskan Khan selalu berhijab. Namun sayang, otoritas kampusnya tersebut mengeluarkan imbauan agar para mahasiswi muslim tidak mengenakan hijab ketika berada di area kampus, seiring keputusan pengadilan yang melarang jilbab di lembaga pendidikan dan instruksi Pemerintah Karnataka pada 5 Februari. Sejak itulah para kelompok sayap kanan Hindu turun ke jalan, dengan tujuan mencegah mahasiswi muslim memasuki lembaga pendidikan dengan mengenakan hijab.


Keadaan memuncak, ketika Muskan Khan berniat mengantar tugas miliknya ke kampus. Nmaun saat memasuki area kampus tersebut, ternyata demonstran dari kelompok nasionalis Hindu sedang  melakukan aksi yang mendukung kebijakan larangan berhijab. Sontak, demonstran yang melihat kedatangan Muskan yang mengenakan busana serba hitam lengkap dengan masker dan hijab hitam, langsung mengintimidasinya. Para demonstran membawa safron yang menyimbolkan kelompok nasionalis Hindu dan agama Hindu. Beberapa demonstran pun mencoba mendekati Muskan dan kemudian meneriakinya Jai Shri Ram. Mereka meminta Muskan Khan melepas hijabnya


Hebatnya, intimidasi para demonstran tersebut tidak menghancurkan nyali Muskan Khan. Ia tidak memrperdulikan intimidasi tersebut dan tetap memperjuangkan haknya untuk berhijab. Saat keadaan itu, Muskan Khan berhenti berjalan sebentar kemudian menghadap puluhan demonstran dan mengangkat satu tangannya yang mengepal ke atas, seraya menyuarakan takbir, Allahu Akbar berkali-kali.


Melihat aksi Muskan, otoritas kampus pun membawanya ke dalam kampus agar menjauh dari para demonstran. Dalam wawancara bersama BBC, Muskan mengungkapkan bahwa dirinya diolok-olok karena berhijab. "Yang saya inginkan hanyalah membela hak dan pendidikan saya," ungkapnya. 

Setelah kejadian itu, Pemerintah Karnataka memutuskan menutup Universitas Mandya Karnataka sementara, selama tiga hari sejak Selasa (8/2). Dan kini, video aksi berani Muskhan Khan dalam memperjuangkan haknya sebagai muslimah dan sebagai mahasiswi India telah beredar dengan cepat dan menuai banyak dukungan dari berbagai kalangan. 

Sumber :

https://www.republika.co.id/berita/r7e29h313/muskan-khan-simbol-perlawanan-muslimah-india-part1



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :