thumbnail

Founder Universitas Pertama Dunia, Fatimah Muhammad al-Fihri

18 Februari 2022

Hebat! Kata yang cocok disandingkan kepada Fatimah Muhammad al-Fihri. Pasalnya, wanita kelahiran 800 tersebut berhasil menjadi pendiri universitas pertama di dunia, al-Qarawiyyin.

Foto : perempuanberkisah.id


Fatimah adalah putri saudagar kaya bernama Muhammad al-Fihri dari Qayrawan (sekarang Kairouan, Tunisia).  Meskipun berasal dari keluarga bangsawan, Fatimah terkenal sangat peduli dan gemar berbagi, sehingga ia dijuluki Umm Al-Banine, yang berarti ibu dari anak-anak Fes.


Hijrah ke Kota Fes, Maroko

Fatimah mempunyai saudari bernama Maryam. Kakak-beradik ini tumbuh dalam lingkungan berpendidikan, baik ilmu keagamaan maupun sains, terutama arsitektur dan bangunan. Awal abad ke-9, Fatimah bersama keluarganya hijrah dar Qayrawan menuju Kota Fes di Maroko. Kala itu, Fes dikenal sebagai ibu kota metropolitan dengan penduduk muslim yang non-Arab. Kota Fes sangat maju dan merupakan salah satu kota terkuat yang dimiliki umat Islam. Kota Fes memadukan agama dengan budaya tradisional dan kosmopolitan.

Tidak hanya itu, Fes juga menjadi salah satu tujuan wisata yang paling menarik di dunia. Kota tua Fes, "Fes al-Bali," sangat menakjubkan. Mirip labirin ribuan jalan sempit yang saling bersilangan serta gerbang rumah warna-warni yang elegan. Ada 14 gerbang benteng di Madinah tua, termasuk Gerbang Biru yang sangat terkenal. Transportasi tradisional juga memikat siapa pun yang melihatnya. Namun, tetap saja jantung Fes berdetak pada al-Qarawiyyin, yakni pada universitas pertama di dunia yang didirikan muslimah bernama Fatimah al-Fihri tersebut.


Kematian 3 Laki-Laki Terkasih

Setelah kematian suami, ayah dan saudara laki-laki dalam waktu yang berdekatan, Fatimah dan adiknya, Maryam menerima warisan dengan jumlah yang besar dan cukup untuk menjamin kemandirian finansial mereka. 


Berdirinya Masjid Al-Qarawiyyin

Pada Ramadhan 245H/859 M, Fatimah dan Maryam membangun Masjid Andalusia yang menakjubkan dan diberi nama Masjid al-Qarawiyyin. Seluruh biaya pembangunan masjid berasal dari keuangan pribadi Fatimah dan Maryam. Dikabarkan bahwa pembangunan masjid ini didorong oleh keadaan masjid-masjid lokal di Kota Fes yang belum mampu menampung pertumbuhan jumlah muslim. Dalam pengerjaannya, Fatimah ikut andil mengontrol semua hal yang berhubungan dengan pembangunan masjid tersebut, seperti pemilihan lokasi strategis dan arsitektur bangunan. 


Foto : dailysabah.com


Alhamdulillah, dua tahun setelah pembangunan, masjid megah Al-Qarawiyyin akhirnya berdiri di tahun 861 M. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, di masjid ini juga dilangsungkan sistem pendidikan formal setingkat universitas. Masjid di Fes, Maroko ini yang menjadi cikal bakal berdirinya universitas pertama di dunia, Universitas al-Karaoine (al-Qarawiyyin). Disebutkan bahwa Fatimah berpuasa dan berdo'a setiap hari selama pembangunan masjid dan universitas dilakukan.


Melahirkan Ulama Besar

Universitas al-Qarawiyyin dikenal dengan para alumninya yang masyhur. Seperti Abul-Abbas dan ahli hukum Muhammad al-Fasi, yang menjadi pemikir Muslim terkemuka di masanya. Para terkemuka lain yang terkait dengan universitas al-Qarawiyyin yakni filsuf dan ahli hukum Islam Ibn al-Arabi, sejarawan dan pendiri sosiologi Ibn Khaldun, ahli geografi populer Muhammad al-Idrisi, dan astronom Nur ad-Din al-Bitruji (Alpetragius).


Dalam prosesnya, Universitas al-Qarawiyyin menggratiskan biaya pendidikan bagi para mahasiswanya. Fatimah lah yang menjadi sponsor utama bagi seluruh institut. Pada awal berdiri, Universitas al-Qarawiyyin hanya mengajarkan Qur'an dan fiqh. Kemudian kurikulumnya diperluas mencakup matematika, linguistik Arab, kedokteran, astronomi, kimia, sejarah dan geografi. Pembelajaran di universitas ini tidak hanya untuk mahasiswa muslim saja, namun terbuka bagi mahasiswa non-muslim. Leo Africanus, penulis dan pengelana terkenal, Maimonides, rabi dan filsuf Yahudi, dan Paus Sylvester II juga termasuk alumni Universitas Al-Qarawiyyin.

Dan Maa Syaa Allah, Universitas al-Qarawiyyin dikabarkan masih aktif sampai sekarang dan tetap membawa harum nama dan kedermawanan Fatimah al-Fihri beserta adiknya, Maryam.

Sumber :

https://langit7.id/read/10768/1/fatimah-alfihri-muslimah-pendiri-universitas-pertama-di-dunia-1643432492



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :