thumbnail

Iklan Amerika Menampilkan Model Perempuan Berhijab

11 Februari 2022

Alhamdulillah, jumlah pemeluk agama Islam di Amerika semakin banyak. Minat berhijab muslimah Amerika pun semakin meningkat setiap harinya. Kabar terbaru, Amerika juga sudah banyak yang menampilkan ikon perempuan berhijab di beberapa iklan. Seperti iklan perempuan kulit hitam yang berhijab sedang berada di supermarket, iklan department store dengan tampilan seorang ibu yang berhijab bersama putrinya sedang makan kue.

Ilustrasi Muslimah. Kini, Makin Banyak Iklan di Amerika Tampilkan Muslimah Berjilbab

Foto : republika.co.id


Joyce Ait-Ali, mualaf Muslim-Amerika yang dilansir dari AboutIslam mengatakan bahwa ini adalah langkah baik, “Saya senang melihat peningkatan representasi perempuan berhijab dalam iklan. Sementara Muslim menyumbang lebih dari satu persen dari total populasi AS, komunitas Muslim terus tumbuh dengan mantap di Amerika. Wajar jika ini tercermin dalam iklan.” 


Kemudian ia juga menyebut citra itu adalah perkembangan yang positif, “Saya menemukan berita (Muslim) negatif atau tidak menguntungkan, dan masyarakat umum mengadopsi pandangan yang menyimpang tentang Muslim, tetapi iklan dapat menangkap gambar yang lebih realistis, dengan beragam orang di dunia nyata melakukan aktivitas nyata,”ungkapnya.


Generasi Berpikir Terbuka

Seorang siswa sekolah menengah Muslim di Houston, Texas bernama Maryam Han juga mengakui bahwa ia memperhatikan iklan dengan ikon perempuan berhijab tersebut karena menonjol. “Untuk sementara ini sudah sangat jelas bahwa mereka tidak hanya menempatkan orang kulit putih di iklan lagi, tetapi masih ada lebih sedikit perempuan berhijab yang kita lihat,” katanya. “Tapi tetap saja, ketika Anda melihat wanita berhijab, Anda menyadari bahwa mereka hanyalah orang biasa,” ucapnya.

Maryam mengatakan prevalensi media sosial telah membuka pandangan generasi muda untuk menerima dan berfikir lebih terbuka tentang dunia, terutama mengenai rasisme dan dampak negatifnya.

“Di media sosial Anda dapat melihat orang-orang dari seluruh dunia, dan kami melihat lebih banyak hal, jadi kami tahu untuk tidak mengejek keyakinan budaya seseorang,” ucapnya.

Bahkan, Maryam mengungkap bahwa pemikiran yang rasis tentu saja bukan prilaku yang keren bagi sebagian besar temannya. Namun tentu saja ada outlier. Maryam mendengar beberapa temannya menyebut siswa Muslim adalah hal aneh dan tidak berpendidikan. Tapi itu hanyalah minoritas.

Terlepas dari tentangan yang mungkin terfikirkan, Ait-Ali mengatakan bahwa Hari Jilbab Sedunia akan menjadi kesempatan luar biasa untuk para muslimah semakin solid, serta berharap acara dan iklan yang menampilkan muslimah berhijab memberikan kesadaran positif kepada masyarakat tentang Agama Islam.

Sumber :

https://republika.co.id/berita/r6rhyl430/alhamdulillah-iklan-dengan-model-wanita-berhijab-di-amerika-makin-banyak



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :