thumbnail

Wajib Dicoba! 10 Jenis Makanan Enak dan Sehat Kesukaan Rasulullah

06 Februari 2022

Rasulullah adalah sebaik-baik contoh dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku baik yang dicontoh Rasulullah selalu ada manfaat dan pelajaran. Begitupun dalam hal gaya hidup yang sehat, beliau mempunyai beberapa makanan kesukaan yang terbukti sehat dan bergizi. Lalu makanan apa sajakah itu? Berikut daftar makanan kesukaan Rasulullah.


Kurma

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh | Lifepack.id

Foto : Lifepack.id

Rasulullah bersabda, “ Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Siapa yang tidak kenal buah kurma? Buah yang sangat populer, terutama saat bulan Ramadhan ini memili rasa yang enak. Siapa sangka, dibalik rasanya yang manis, ternyata kandungan kurma sangat baik bagi tubuh karena kaya akan serat, vitamin B-6, mineral (zat besi, kalsium, kalium, dan mangan). Lebih kerennya lagi, kurma hanya mengandung sedikit lemat dan tidak mengandung kolesterol.


Buah Ara

8 Manfaat Buah Ara Bagi Tubuh, Salah Satunya Bantu Turunkan Tekanan Darah |  merdeka.com

Foto : Merdeka.com


Buah ara ada disebutkan dalam Al-Quran surat At-Tiin ayat 1, yang berbunyi: “ Demi buah ara dan zaitun.” 

Buah ara dikenal sebagai obat yang baik untuk penyakit asam urat dan perut. Salah satu buah kesukaan Rasulullah ini banyak mengandung nustrisi dan kaya anti-oksidan yang baik untuk tulang yang kuat.


Susu

Mitos Mengenai Susu yang Perlu Anda Tahu Kebenarannya

Foto : halosehat.com


Minuman yang banyak digemari anak-anak bahkan dewasa satu ini pun masuk dalam salah satu minuman kesukaan Rasulullah. Ya, Rasulullah menyukai susu kambing dan unta. Dalam Al-Qur’an, susu disebut dalam surat An-Nahl ayat 66, yang mempunyai arti :

“ Dan sungguh, pada hewan ternak itu terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya, susu murni diantara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya.” 

Keutamaan rajin minum susu ialah karena susu kaya akan kalsium yang bagus untuk menguatkan tulang dan gigi. Khasiat susu lainnya ialah meningkatkan daya ingat dan membantu penyembuhan penyakit lambung.


Daging

Moms, Ini Kandungan Gizi dan Manfaat Konsumsi Daging Unta | Orami

Foto : Orami.co.id


Rasulullah menyebut daging sebagai raja makanan, karena kandungannya yang kaya akan akan protein dan mineral. Kandungan ini sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh manusia dan pembentukan tulang yang kuat.


Anggur

Buah Anggur, Kecil Tapi Manis dan Bermanfaat - Lifestyle Fimela.com

Foto : Fimela.com


Buah anggur yang manis dan segar ternyata menyimpan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Salah satu buah kesukaan Rasulullah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Tidak hanya itu, anggur juga membantu dalam memurnikan darah dan memperlancar buang air besar.


Madu

4 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu yang Mudah Dilakukan, Jangan Salah  Pilih | merdeka.com

Foto : Merdeka.com


Dikenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti masalah perut, nafsu makan hingga batuk, madu merupakan obat alami. Rasulullah terbiasa minum air yang dicampur dengan madu setiap pagi.

Dalam Surat An-Nahl ayat 69 Allah Ta'ala berfirman :

Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya. Didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan.” 


Minyak Zaitun

9 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Simak Kata Dokter

Foto : Suara.com

Menjadi salah satu makanan yang ada di syurga, minyak zaitun memiliki banyak manfaat. Tidak hanya terkenal dalam dunia kecantikan yakni sebagai perawatan kulit dan rambut, minyak zaitun juga digunakan sebagai obat radang lambung.

Dalam Al-Qur'an. zaitun disebut dalam surat An-Nur ayat 35 :

“ … yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak sebelah timur dan tidak pula disebelah baratnya. Yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi walaupun tidak disentuh api. Cahaya diatas cahaya (berlapis-lapis).” 


Kemudian, sabda Rasulullah dalam hadist riwayat Ahmad dan Tirmidzi :

“Makanlah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak. Karena ia tumbuh dari pohon yang diberkati.” 


Barley

7 Manfaat Barley bagi Kesehatan Tubuh - Alodokter

Foto : Alodokter.com


Banyak dijadikan sebagai bahan baku pembuatan rot dan minuman, Barley yang merupakan salah satu jenis biji-bijian yang berasal dari keluarga gandum juga masuk dalam salah satu makanan kesukaan Rasulullah. Barley mengandung gizi yang besar dan dikenal mampu menyembuhkan demam,mengurangi kolesterol, membantu sembelit, dan mengurangi risiko diabetes. Biasanya, Rasulullah mengkonsumsi barley yang berbentuk roti, adonan, dan bubur.


Melon

Melon Sky Rocket pcs di Bali Dengan Harga Terbaik | TaniHub

Foto : Tanihub.com


Melon mengandung air yang banyak, rendah kalori, serta berbagai vitamin, mineral, dan zat anti-kanker. Rasulullah terbiasa makan melon dengan kurma segar. Dalam hadist riwayat At-Tarmidzi, Rasulullah bersabda :

“Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin.”

Dengan kandungan tersebut, melon dapat membantu pengobatan sakit ginjal, lambung, dan jantung. Tidak hanya itu, melon juga bagus untuk perawatan kulit dan mencegah penuaan dini.


Labu

8 Manfaat Labu Kuning, dari Perawatan Kulit Sampai Mencegah Kanker | Hello  Sehat

Foto : Halosehat.com


Menjadi salah satu sayuran kesukaan Rasulullah, labu mempunyai manfaat dalam pengobatan paru-paru, asma, tekanan darah, beberapa jenis kanker, dan penyakit jantung.

Sumber :

https://dream.co.id/rekomendasi/10-jenis-makanan-kesukaan-rasulullah-sehat-dan-cocok-untuk-diet-200430d.html



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :