thumbnail

5 Rekomendasi Konsep Hunian Islami

03 Februari 2022

Indahnya Al-Qur'an dan Hadist yang menjadi pedoman dan menuntun umat islam dari hal-hal besar sampai hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Begitupun tentang hunian. Tidak harus besar dan mewah, yang terpenting ialah huniansesuai anjuran yang syar'i dan memudahkan penghuninya beribadah. Berikut ulasan konsep hunian islami yang bisa dijadikan inspirasi!


1. Toilet Tidak Menghadap Kiblat

Bolehkah Buang Air Besar Atau Kecil Menghadap Kiblat? - MOESLIM.ID

            Foto : Moeslim.id

Kesempurnaan ajaran islam sangat luas, bahkan hal kecil seperti toilet juga sudah dituntun sedemikian rupa agar tidak menghadapkan toilet ke arah kiblat. Sebagaimana kita tahu bahwa kiblat adalah arah yang menjadi acuan muslim dalam shalat. Hal ini sudah dijelakan dalam hadist berikut.

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إذا جلس أحدكم لحاجته فلا يستقبل القبلة ولا يستدبرها) رواه أحمد ومسلم)

“Jika salah seorang diantara kamu duduk untuk buang hajat (kencing atau buang air besar), maka jangan menghadap kiblat atau membelakanginya.” (HR. Ahmad dan Muslim)


Kemudian, riwayat Abu Ayub Al-Anshari, Rasulullah shallalalhu 'alaihi wa sallam bersabda :

إذا أتيتم الغائط فلا تستقبلوا القبلة ولا تستدبروها ولكن شرقوا أو غربوا) رواه البخاري ومسلم)

“Kalau anda akan buang air besar atau kecil, jangan menghadap kiblat dan jangan membelakanginya akan tetapi (hadapkan) ke timur atau ke barat.” (HR. Bukhori dan Muslim).


2. Tidak Memajang Gambar Makhluk Bernyawa

Desain lampu kamar tidur aesthetic dan minimalis. Foto: Dok. iStock

            Foto : Wolipop
Pajangan pada dinding memang menambah keindahan interior rumah. Namun yang harus sangat diperhatikan ialah tidak boleh memajang gambar, lukisan atau foto makhluk yang bernyawa. Baik di rumah, di kantor atau lainnya. Hal ini sudah dijelaskan oleh Rasulullah dalam hadist-hadist berikut :

إنَّ أشدَّ النَّاسِ عذابًا عندَ اللَّهِ يومَ القيامةِ المصوِّرونَ

“Orang yang paling keras adzabnya di hari kiamat, di sisi Allah, adalah tukang gambar” (HR. Bukhari dan Muslim).


Kemudian Rasulullah juga bersabda,

إن أصحاب هذه الصور يعذبون يوم القيامة ويقال لهم أحيوا ما خلقتم

“Sesungguhnya pemilik gambar-gambar (makhluk bernyawa) ini akan diadzab di hari kiamat dan diperintahkan kepada mereka untuk menghidupkan gambar yang mereka buat” (HR. Bukhari dan Muslim).


3. Hindari Patung

7 Pertimbangan untuk Mendesain Rumah Islami

            Foto : Home Synchronization
Para muslim harus lebih berhati-hati dalam memilih dekorasi rumah. Pastikan bahwa kita memilih hiasan yang tidak di larang oleh agama Islam, seperti patung. Hal ini dikarenakan patung bisa menjadi tempat tinggal jin dan menyerupai berhala yang dipuja orang-orang musyrik.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لاَ تَدَعْ تِمْثَالاً إِلاَّ طَمَسْتَهُ وَلاَ قَبْراً مُشْرِ فًَا إِلاَّ سَوَّيْتَهُ

“Janganlah engkau tinggalkan patung kecuali engkau telah membuatnya menjadi tidak berbentuk, dan jangan pula meninggalkan kuburan yang menjulang tinggi kecuali engkau meratakannya.“ (Hadits Riwayat Muslim dalam Al-Jana’iz, 969)


4. Tersedia Ruangan Ibadah

mushola dalam rumah

            Foto : realestate.id
Rumahku istanaku. Ungkapan tersebut sangat cocok didampingkan dengan suasana rumah yang nyaman, baik untuk istirahat, beraktivitas bersama keluarga maupun beribadah. Salah satu rekomendasi yang patut dimasukkan dalam poin penting membangun hunian adalah adanya ruangan khusus ibadah. Ruangan yang nyaman tentu akan menambah kekhusyukan. Tidak hanya itu, ruangan khusus untuk ibadah tersebut juga bisa digunakan sebagai tempat belajar anggota keluarga.


5. Warna Kesukaan Rasulullah


            Foto : paintzen.com

Beberapa riwayat menyebut bahwa Rasulullah menyukai warna hijau dan putih. Dalam Al-Qur'an surat Ar-Rahman ayat 64, disebutkan bahwa warna surga adalah warna hijau.

مُدۡهَآمَّتَانِ

"Kedua surga itu (terlihat warnanya) hijau tua."

Untuk itu, warna hijau masuk dalam salah satu daftar rekomendasi untuk diaplikasikan pada hunian dengan konsep Islami. Selain segar, menurut beberapa ahli, warna hijau memiliki arti kedamaian, menenangkan serta keseimbangan emosi dan pikiran.

Dari Ibnu Abbas RA. Rasulullah bersabda :

"Hendaklah kalian memakai pakaian putih semasa hidup kalian, dan kafanilah yang mati di antara kalian dengannya (warna putih), sebaik-baik pakaian kami adalah warna putih."


Kemudian, an-Nasai meriwayatkan :

"Rasulullah pernah menemui kami dalam keadaan memakai dua pakaian (atas dan bawah) yang berwarna hijau."

Sumber :

https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-103953-rumah-islami-id.html



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :