thumbnail

Rencana Alih Fungsi Klub Home Guard Jadi Masjid Pertama

30 Januari 2022

Rencana alih fungsi bangunan bekas klub Home Guard di Tower Street menjadi tempat ibadah umat Islam telah diajukan oleh Harrogate Islamic Association (HIA). Hal ini menjadi pembangunan masjid pertama di Harrogate, North Yorkshire, Inggris.

Zahed Amanullah mengatakan bahwa HIA berharap masjid pertama di Harrogate tersebut dapat dimanfaatkan untuk acara keagamaan, komunitas dan amal. Selain itu, gedung masjid tersebut juga akan mendukung pengungsi dari Suriah dan Afghanistan. Amanullah juga mengatakan bahwa HIA akan mengumpulkan dana pembelian yang tunduk pada izin perencanaan.


"Hal ini menjadi kesempatan terbaik untuk memiliki suatu tempat di pusat kota, sekaligus menyadari nilai sejarahnya. Kami ingin mengingatnya ketika kami merestorasi bangunan. Kami akan mempertahankan fitur periodenya. Kami tidak akan memasang menara atau semacamnya, itu diperlukan sebagai ruang. Tidak ada yang akan ditambahkan," ucap Amanullah yang dilansir pada The Stray Ferret.


"Kami melihat diri kami sebagai bagian dari struktur kota. Kami semua ada di Harrogate karena kami menyukai Harrogate. Kami memiliki komunitas Muslim yang sangat beragam dari Asia, Afrika, dan Inggris, tetapi masjid terdekat berjarak lebih dari 15 mil. Ini adalah tempat kosong yang langka di mana tidak ada fasilitas untuk komunitas dan itu akan dengan mudah menangani kebutuhan mingguan kami," lanjutnya.


Sejarah bangunan

Malcolm Neesam, Sejarawan Harrogate mengatakan bangunan yang akan dijadikan tempat ibadah umat Islam tersebut itu memiliki sejarah penting. Awalnya gedung tersebut adalah rumah sakit kedua di kota Harrogate yang berdiri dari 1873 sampai 1883, yang kemudian dijadikan Aula Masonik pertama di Harrogate. Di  gedung itu pula pahlawan Perang Krimea Harrogate Sersan Mayor Robert Johnston gugur.


Ketika Perang Dunia Kedua di tahun 1939, Home Guard setempat mengalih-fungsikan bangunan tersebut menjadi klub sosial untuk bersantai dan bermain snooker. Kemudian sejak 1987, lantai dasar digunakan untuk berbisnis, termasuk Sweet Tooth Munchies. Namun, karena tidak memiliki pendanaan untuk perbaikan atap yang bocor, klub Home Guard akhirnya ditutup pada tahun 2015 


Ada dua opsi perencanaan beberapa tahun terakhir, yakni menghancurkan gedung dan membangun empat flat di tempatnya. Namun, keduanya dicabut dan keputusan tentang aplikasi perencanaan terbaru akan diputuskan oleh Dewan Borough Harrogate.

Sumber :

https://ihram.republika.co.id/berita/r4iuzf313/muslim-inggris-berencana-sulap-bangunan-bekas-klub-jadi-masjid-part1



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :