thumbnail

Dr. Hamid Choi Yong Kil, Penerjemah Pertama Al-Quran ke Bahasa Korea

22 Januari 2022

Al-Qur'an sebagai pedoman hidup umat islam sudah diterjemahkan ke banyak bahasa dengan tetap menyertakan teks aslinya. Bagaimanapun, penerjemahan ini sangat bermanfaat bagi penduduk asli negara tersebut. Alhamdulillah, proses penerjemahan ini juga dilakukan oleh warga Korea Selatan, Dr. Hamid Choi Yong Kil.


Sosok Dr. Hamid Choi Yong Kil

Menjadi orang pertama di Korea Selatan yang sukses menerjemahkan Al-Qur'an ke bahasa Korea(한국어/조선말), warga korea selatan yang merupakan lulusan Universitas Islam Madinah ini juga merupakan Guru besar Program Studi Islam dan Bahasa Arab di Universitas Myongji, Korea Selatan. Tidak hanya itu, Dr. Hamid Choi Yong Kil juga menjabat sebagai presiden dari Korean Muslim Federation yang merupakan organisasi muslim pertama dan satu-satunya yang ada di Korea Selatan, yang telah berdiri sejak tahun 1967. 


Proses penerjemahan Al-Qur'an ke Bahasa Korea

Dalam proses menerjemahkan Al-Qur'an ke Bahasa Korea, Dr. Hamid Choi Young Kil menghabiskan waktu sampai sekitar tujuh tahun.


Menempuh pendidikan di Kota Madinah

Dr. Hamid Choi Yong Kil adalah alumni Universitas Islam Madinah. Rektor Universitas Islam Madinah saat itu adalah Syaikh Abdul Aziz bin Baz, yang merupakan ulama Madinah yang ahli pada berbagai keilmuan seperti Fiqih, Aqidah dan Hadits. Dan kini, Dr. Hamid Choi Yong Kil juga sudah menjadi Guru Besar di universitas tersebut.


Berkesan di Hati Syaikh Abdul Aziz bin Baz

Syaikh Abdul Aziz bin Baz sangat terksesan dengan sosok Dr. Hamid Choi Yong Kil. Meskipun berasal dari negara yang jumlah muslimnya menjadi minoritas, namun sosok Dr. Hamid Choi Yong Kil mempunyai kecerdasan luar biasa. Hal ini dibuktikan oleh pemahaman di bidang ilmu dan keindahan akhlaq beliau.


Karya lain Dr. Hamid Choi Yong Kil

Karya luar biasa lain dari Dr. Hamid Choi Yong Kil adalah menerjemahan kitab hadits Sahih Bukhari karya Muhammad bin Ismail Al Bukhari atau yang sering dikenal sebagai Imam Bukhari. Tidak hanya itu, Dr. Hamid Choi Young Kil juga sudah menerjemahkan kurang lebih 90 judul buku yang bertema keislaman.

Sumber : https://koreabanget.hops.id/daebak/pr-3022157861/warga-korea-selatan-terjemahkan-alquran-ke-dalam-bahasa-korea?page=2



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :