thumbnail

Pedang Allah, Julukan untuk Khalid bin Walid

08 Januari 2022

Khalid bin Walid adalah salah satu sahabat Rasululllah. Khalid digelari sebagai pedang Allah. Berikut 5 hal tentang Khalid bin Walid yang menarik untuk disimak! 

1. Asal-usul 

Nama lengkap Khalid adalah Abu Sulaiman Khalid. Nama ayah Khalid adalah Walid, sehingga ia disebut Khalid bin Walid. Mendapat julukan pedang Allah atau dalam bahasa Arab disebut Sayf Allah al-Maslul yang berarti pedang Allah yang terhunus. Julukan ini dirasa pantas disandang kepada Khalid, mengingat kemahirannya di bidang militer. Khalid dikenal pandai menyusun strategi militer. Lebih kerennya lagi, ia selalu menang dan tidak pernah terkalahkan.


2. Pernah turun jabatan

Pada masa pemerintahan Umar bin Khattab, Khalid sempat turun dari jabatan. Dari panglima perang menjadi duta besar. 

Alasan pencopotan ini adalah :

  1. Melawan stigma bahwa Khalid-lah yang membawa kemenangan umat Islam, karena akan menodai tauhid
  2. Karakter Umar dan Khalid sama-sama keras, berbeda dengan Abu Bakar yang berkarakter lembut. 
  3. KKemudian pada masa Abu Bakar Ash-Shiddiq, Khalid dipercaya sebagai panglima tertinggi


3. Pernah minum racun

Dengan izin Allah yang Maha Kuasa, Khalid pernah minum racun dan selamat. Sebelum disodorkan racun padanya, Khalid membaca doa berikut :

Bismillahilladzii laa yadhurru ma’asmihi syaiun fil ardhi wa laa fis samaai wa huwas sami’ul ‘alim’ 

Artinya : Dengan nama Allah Yang bersama nama-Nya sesuatu apa pun tidak akan celaka, baik di bumi dan di langit. Dialah Maha Medengar lagi Maha Mengetahui.


4. Sebelum masuk Islam

Ketika masih tergabung dalam pasukan kaum kafir Quraisy, Khalid ikut serta memerangi Islam dalam Perang Uhud. Alhamdulillah, setelah peperangan itu hidayah hadir kepada Khalid. Pada tahun 8 Hijriah Khalid resmi memeluk Islam. Dengan keislamannya, membuat Rasululah berpesan :

"Jangan sakiti Khalid karena sesungguhnya ia adalah pedang di antara pedang-pedang Allah yang Dia hunuskan pada orang-orang kafir"


5. Akhir Usia

Khalid bin Walid yang lahir di Makkah di tahun 585 Masehi dan meninggal dunia di tahun 642 Masehi. Diketahui Khalid wafat di atas ranjangnya, padahal Khalid ingin sekali meninggal duniat dalam keadaan syahid. Setelah meninggal dunia, Khalid mendermakan peralatan perang dan kuda miliknya untuk berjihad di jalan Allah.

Kini, kuburan Khalid ada disalah satu Masjid Suriah yang bernama Khalid bin Walid Mosque. 

Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspiration/alya-rekha/fakta-khalid-bin-walid-c1c2/5



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :