thumbnail

Penghargaan Internasional untuk Desain Masjid Raya Sumatera Barat

04 Januari 2022

Keren! Desain Masjid Raya Sumatra Barat di Padang menjuarai penghargaan Abdullatif Al-Fozan Award dalam nominasi karya dan desain masjid dari negara-negara dengan penduduk muslim dunia. Ajang penghargaan ini sendiri sudah berlangsung tiga kali, sejak awal penyelenggaraan di tahun 2011. 

Sosok dari desain mesjid ini adalah Rizal Muslimin dari kantor arsitektur terkenal asal Bandung, Urbane Indonesia (UI). Sebelumnya, desain karya Rizal juga sudah menang sayembara untuk desain masjid raya di Sumatera Barat tersebut. Diketahui Reza Achmed Nurtjahja, Principal Urbane Indonesia dihubungi oleh panitia dari Abdullatif Al Fozan Award. Kemudian ia diminta mengirim desain Masjid Raya Sumatra Barat tersebut. 


Keunikan Desain Masjid

Dibangun tanpa kubah, atap Masjid Raya Sumatera Barat didesain berbentuk segiempat dengan tiap sudutnya menjulang ke langit,  seperti Rumah Gadang. Keunikan lain yang menonjol adalah corak ukiran Minangkabau pada dinding masjid yang sengaja didesain berbaur dengan unsur budaya khas Minang, 

Berdasarkan Instagram Abdullatif Al Fozan Award, desain atap dan dinding yang terbuka Masjid Raya Sumatera Barat dinilai memudahkan angin masuk ke dalam masjid. Kini, Masjid Raya Sumatera Barat semakin dikenal dunia dan sudah menjadi ikon wisata religi terkenal di Padang.

Sumber: https://www.republika.co.id/berita/r4hs16366/masjid-raya-sumatra-barat-menang-desain-masjid-terbaik-dunia



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :