thumbnail

Asma Aiad, Seniman yang Aktif Menyuarakan Anti Islamofobia dan Rasisme

02 Januari 2022

Tahun 2019 sampai dengan November 2020 menjadi babak memilukan bagi muslim di Austria. Bagaimana tidak, kala itu kaum muslim yang merupakan minoritas di negara tersebut sempat dilarang menggunakan jilbab.

Terlepas dari masa kelam itu, kabar membanggakan kembali hadir dari seorang muslimah bernama Asma Aiad. Seniman yang berasal dari Vienna, Austra tersebut aktif menyuarakan anti islamofobia dan rasisme melalui pameran yang mempresentasikan karya potret seorang wanita dengan penutup kepala yang bisa dimaknai sebagai jilbab atau hijab. Asma mengadakan pameran tersebut dalam event muslim Contemporery Exhibition Austria yang  bertempat di Academy of Fine Arts Vienna.

"This ia Not A headscarf?" Why this is okay but a headscarft is not okay?

"Saya memotret wanita yang mengenakan sesuatu di atas kepalanya, tapi mereka terlihat seperti memakai jilbab, tetapi faktanya merek tidak bermaksud untuk memakai jilbab." Ungkap Asma ketika memperkenalkan pamerannya.

"Katika anda melihatnya, anda pikir itu bukan jilbab. Di Austria mungkin kita dapat menyaksikannya dengan berkeliling dan orang-orang memakai hal seperti ini, tapi apakah negara akan tetap melarangnya? Atau akan baik-baik saja?" tanya Asma.

Harapannya, dengan adanya pameran ini tidak ada lagi yang melarang dan melecehkan siapapun yang memegang erat prinsip-prinsip agama yang diyakini.

Sumber : https://priangantimurnews.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-1223139615/seniman-asma-aiad-presentasikan-jilbab-di-pameran-muslim-contemporery-exhibition-austria?page=2



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :