thumbnail

11 Amalan Sedekah Jariyah. Pahalanya Gak Main-main!

02 Juni 2022

Sedekah Jariyah

Foto: masjidteratai.com

Dahulu, Rasulullah shallallahualaihi wasallam dan para sahabat berlomba-lomba memberikan sedekah terbaik. Dalam Islam, muslim yang belum memenuhi ketentuan nisab zakat, dianjurkan bersedekah sesuai kemampuan, terlebih sedekah jariyah.


Apa itu Sedekah Jariyah?

Dalam sebuah hadits riwayat Muslim. sedekah jariyah merupakan amal jariyah yang artinya tidak akan terputus pahalanya, walaupun muslim tersebut sudah tidak ada lagi di dunia. Hal ini sesuai dengan hadist berikut.

“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya” (HR. Muslim)


Sedekah jariyah yang manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka panjang, maka sepanjang manfaat sedekah itu juga pahalanya tidak akan terputus.

Rasulullah shallallahualaihi wasallam bersabda:

“Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah ilmu yang disebar­luaskannya, anak saleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang dibangunnya untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan. sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya” (HR. Ibnu Majah)


Berbagai Bentuk Amalan Sedekah Jariyah

Berikut 11 rekomendasi amalan sedekah jariyah yang bisa Sahabat Muslimlife lakukan, baik selama Ramadhan atau diluar waktu Ramadhan.

1. Membangun Masjid


Bentuk sedekah jariyah dalam membangun masjid juga bisa dalam bentuk tenaga ataupun harta. Selama masjid yang dibangun tersebut digunakan dengan baik dan bermanfaat untuk jamaah, tentu pahala sedekah jariyah juga mengalir.


2. Menyediakan Sarana Air Bersih

Sedekah Jariyah Sumur - Wakaf Salman

Foto: wakafsalman.or.id

Suatu hari di Madinah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyeru umat Islam untuk membebaskan sebuah sumur dari pemiliknya, seorang Yahudi agar sumur tersebut dapat digunakan bersama. Utsman bin Affan yang kaya raya pun menyambut seruan tersebut dengan semangat dan kemudian membebaskan sumur tersebut. MaaSyaa Allah, hingga sekarang sumur tersebut masih bisa dirasakan manfaatnya. Dan itu menjadi sedekah jariyah Utsman bin Affan.


3. Menanam Pohon

Apakah Sedekah Jariyah Hanya Diperuntukkan Orang Meninggal?

Foto: sanadmedia.com

Menanam pohon juga  termasuk bentuk sedekah jariyah, yang bisa dilakukan sendiri, bersama komunitas atau masyarakat sekitar. Pohon yang ditanam lambat-laun berproses tumbuh dan menjadi warisan baik bagi bumi dan generasi selanjutnya.


4. Membesarkan Anak Yatim


Menyantuni dan mengasihi anak yatim adalah teladan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

“Barangsiapa mengambil anak yatim dari kalangan Muslimin, dan memberinya makan dan minum, Allah akan memasukannya kedalam surga, kecuai apabila ia berbuat dosa besar yang tidak terampuni.” (HR. Tirmidzi).

Maka, janganlah sekali-kali menghardik dan memakan harta anak yatim. Dalam Al-Qur'an, sikap tersebut termasuk dalam orang yang mendustakan agama.

“Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Maka mereka itulah orang yang menghardik anak yatim” (QS: Al-Ma’un: 1-2)


5. Menyumbangkan Sarana Fasilitas Kesehatan

Salah satu sedekah jariyah lainnya adalah menyumbang sarana fasilitas kesehatan, seperti kursi roda, alat-alat pemeriksaan kesehatan, bahkan juga bisa mendirikan klinik hingga rumah sakit sekaligus. MaaSyaa Allah!


6. Membangun Fasilitas Umum yang Produktif

Misalnya membuat penginapan gratis untuk musafir atau para pendakwah, membangun sarana olahraga atau gedung untuk berwirausaha dan sebagainya.


7. Menyebarkan Ilmu yang Bermanfaat

Sahabat Muslimlife bisa menyebarkan ilmu agama, teknologi, sains, sosial masyarakat dan lainnya.


8. Menyumbangkan Fasilitas Pendidikan

9. Mendirikan Panti Asuhan 

Selain menyantuni dan mengasishianak yatim, mendirikan panti asuhan juga menjadi sedekah jariyah.


10. Sedekah Jariyah dengan Mushaf Al-Quran

11. Membangun Aset Ekonomi Produktif

3 SEDEKAH YANG PALING UTAMA Halaman 1 - Kompasiana.com

Foto: kompasiana.com

Misalnya membebaskan lahan atau perkebunan untuk dijadikan milik ummat, mendirikan pusat usaha dan mengembangkan aset-aset produktif lainnya yang akan menghasilkan keuntungan juga untuk ummat. Semoga dengan izin Allah, ummat yang awalnya berstatus mustahik dapat berubah lebih baik menjadi muzakki.

Referensi : amalan sedekah jariyah di bulan ramadhan


Yuk berbernah diri dan memperbanyak amalan baik💪🏻 Mari berdonasi, ikutan event, menyimak tausiyah & konten bermanfaat serta hal positif lainnya🤩

Bersama Muslimlife, ayo bergerak lebih baik dan semangat menebar kebaikan serta kasih sayang melalui fitur :

🌼 Donasi di Charity Corner Muslimlife

🌼 Asuh Hafidz Muslimlife, dll

🌼 Klinik Al-Fatihah dan Al-Quran Digital


Daaan ayoo akses semua video premium dengan berlangganan di Aplikasi Muslimlife🤩

📎 Dengan berlangganan cuma 500/hari, kita bisa akses semua video premium di Aplikasi Muslimlife

📎 Belajarnya praktis💪 Bisa diakses kapan saja & dimana saja

📎 Metode pembayaran mudah & beragam dengan 3 paket berlangganan : 15.000/1 bulan, 70.000/6 bulan & 120.000/tahun (lebih hemat)


🙏Barakallahu Fii Kum. Semoga Allah memudahkan urusan kita, Aamiin. 

#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :