thumbnail

Lika-liku dan Perjuangan Anak Pengayuh Becak yang Lulus dengan IPK Tinggi

08 Desember 2021

Perjalanan hidup setiap manusia tidaklah sama. Punya lika-liku, hambatan dan jalannya masing-masing. Kadang mudah juga kadang sukar. Kisah perjuangan mahasiswa asal Desa Banjarsari Ciamis satu ini bisa menjadi contoh. Ia adalah Yusuf Mulyana, mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) jurusan Sastra Arab yang berhasil lulus dengan meraih IPK yang sangat memuaskan 3.52. Tentu tidak mudah meraih hal tersebut, banyak suka-duka yang dilalui Yusuf. Terlebih dari segi ekonomi. Ayahnya yang bekerja sebagai pengayuh becak dan ibunya seorang ibu rumah tangga sempat merasa khawatir dan tidak menyetujui Yusuf untuk meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi.

Namun, semangatnya tidak lantas runtuh. ia semakin berusaha dengan berkonsultasi pada gurunya, hingga kemudian mencoba mendaftar program bidikmisi. Alhamdulillah Yusuf diterima. "Akhirnya diterima melalui jalur SNMPTN, sekaligus dinyatakan berhak memperoleh beasiswa Bidikmisi," ujar Yusuf dalam kesempatan wawancara.


Masa Kuliah

Tidak hanya fokus belajar dan akademik, Yusuf pun ikut andil dalam kegiatan Masjid Al Muslih di kampus Fakultas Ilmu Bahasa (FIB) Unpad. Ia pun tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Arab Unpad dan Ikatan Mahasiswa Studi Arab se-Indonesia.

Tidak hanya itu, mahasiswa kelahiran Ciamis, 22 Februari 1998 ini juga aktif sebagai pengajar baca tulis Al-Qur’an di Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Unpad , hingga DKM Masjid Al-Jabbar ITB Jatinangor. Kesehariannya tidak hanya belajar, namun tetap mengutamakan shalat lima waktu dan mendengarkan kajian.

"Dengan menjaga ibadah, Allah juga akan menjaga kelancaran segala urusan kita," ucap Yusuf.


Tinggal di Masjid Kampus

Sejak setengah tahun terakhir masa studinya, Yusup memutuskan untuk menjadi takmir dan tinggal di Masjid kampusnya, Masjis Raya Unpad. Yusup banyak mengikuti kegiatan sosial bersama organisasi KMMK Syamil Unpad.

Dalam keluarga, Yusup adalah anak pertama yang meraih gelar sarjana. Tidak behenti disitu, Yusuf bertekad dan berupaya untuk memperoleh beasiswa PMDSU Unpad dan melanjutkan studi S2.

Ya, semoga segala harapan dan cita-cita Yusuf dapat diraih dan berkah untuk seluruh alam. Aamiin.

Sumber :

https://umma.id/channel/kabar-baik/post/tinggal-di-masjid-kampus-anak-pengayuh-becak-ini-raih-ipk-tinggi-817619



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :