thumbnail

Wisudawan Termuda ITB yang Berusia 18 Tahun

29 November 2021

Musa Izzanardi Wijanarko, mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil lulus dengan menyandang status wisudawan termuda. Izzan mengikuti Wisuda Ketiga Tahun Akademik 2020/2021 pada usia 18 tahun 8 bulan. Izzan merupakan mahasiswa Program Studi Matematika angkatan 2017 di Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB. Dalam wawancara, Izzan sudah suka dengan matematika sejak kecil. Sehingga tidak heran jika ia memilih Program Studi Matematika. Bahkan orang tua dan kakaknya juga berkuliah dengan prodi yang sama.


Homeschooling dan ITB

Izzan belum pernah mengikuti sekolah formal. Masa SMAnya dilewati dengan pendidikan homeschooling.

Awal berkuliah di ITB, Izzan merasa aneh, namun lama-kelamaan jadi menyenangkan. "Senang bisa bertemu orang-orang baru dengan gaya pikir dan ketertarikan yang unik," ungkapnya.


Aktif Organisasi

Sukses menjadi wisudawan termuda bukan berarti Izzan tidak aktif di berbagai organisasi. Tercatat, Izzan ikut andil di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Genshiken ITB dan beberapa organisasi lainnya. Ia berhasil membuktikan bahwa kuliah dan organisasi mampu diseimbangkan. Berikut beberapa posisi organisasi yang pernah dijabat Izzan, yaitu:

  • Ketua Bidang Medkominfo Genshiken ITB periode 2019/2020
  • Ketua Divisi Logistik Genshiken Staff Training Genshiken ITB 2019
  • Ketua Divisi Megaproperti Wisuda Juli HIMATIKA ITB 2019.


Manajemen Waktu

Untuk menyeimbangkan waktu antara akademik dan organisasi, Izzan mengaku punya cara sendiri, yakni:

  1. Fokus memahami materi di setiap kelas. Sehingga tidak perlu banyak belajar di luar kelas, kecuali mengerjakan tugas
  2. Sisa waktu di luar kelas adalah waktu untuk hal-hal nonakademik, termasuk organisasi


Motivasi Menyelesaikan Skripsi

Seperti kebanyakan mahasiswa lain, menyelesaikan skripsi memanglah membutuhkan semangat, fokus dan motivasi yang ekstra. Namun dalam perjalanannya, Izzan mengaku sempat tidak punya motivasi untuk masuk kelas dan mengerjakan tugas akhir. "Biasanya saya bermain gim. Untungnya, dosen saya masih aman sehingga saya bisa mengerjakan skripsi. Kuliah saya selesai walaupun sempat patah semangat. Dan sangat bersyukur akhirnya lulus menjadi wisudawan di Juli 2021," ungkap Izzan. 

Mengulik motivasi, Izzan teringat akan kenangannya saat berusia 14 tahun. Ketika itu ia merasa pelajaran SMA tidak menarik, sehingga Izzan ingin segera berkuliah di ITB. Tidak lupa dukungan keluarga dan orang terdekat, Izzan menuturkan ungkapan syukur dan terimakasih, "Mampu sampai ke titik ini karena dukungan dari keluarga dan saudara yang selalu mendukung pilihannya. Ada teman-teman kuliah juga yang baik dan asyik diajak bermain. Mereka selalu menghibur di kala terpuruk. Kuliah memang berat bagi mereka yang tidak bisa mengatur waktu dan diri dengan baik, termasuk saya," tuturnya.

Sumber : 

https://www.detik.com/edu/edutainment/d-5651702/musa-izzanardi-wijanarko-wisudawan-termuda-itb-yang-lulus-di-usia-18-tahun



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :