thumbnail

Sosok Filantropis Muslim yang Rela Tak Jadi Orang Terkaya

17 November 2021

Sosok muslim dermawan asal India bernama Azim Premji sangat mengagumkan. Pengusaha sekaligus filantropis ini rela memberikan donasi dalam jumlah yang sangat besar, yakni 106 T. Pria kelahiran 24 Juli 1945 ini merupakan orang terkaya ke-3 di India dan 48 di dunia yang memimpin perusahaan Wipro Limited, yang bergerak di bidang IT outsourcing.


Keluarga

Ayah Azim adalah seorang pemilik pabrik minyak goreng merek Sunflower Vanaspati. Azim meneruskan usaha ayahnya, setelah ayah beliau meninggal. Sejak itu, ia memasuki bidang teknologi. Bahkan, kliennya sudah tingkat Microsoft, Toshiba, Philip Morris, dan lainnya.


Pendidikan dan Gaya Hidup

Azim Premji adalah lulusan Stanford University. Konglomerat satu ini diberitakan memiliki kekayaan senilai USD 8,5 miliar atau setara dengan Rp 125,8 triliun. Nilai kekayaan ini tentu saja akan terus bertambah.

Menjadi kaya raya tidak menjadikan Azim Premji lupa diri. Sosoknya terkenal memiliki gaya hidup sederhana. Hal ini terlihat dari seringnya Azim berpergian dengan pesawat kelas ekonomi, bahkan juga pulang menggunakan bajaj. Bahkan, kendaraan pribadinya hanya sedan butut Ford Escort keluaran tahun 95.


Badan Amal 

Azim yang sangat gemar berbagi mendirikan Azim Premji Foundation, yakni Yayasan non-profit yang memiliki visi memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara asalnya, India. Yayasan ini didirikan pada tahun 2000. Lalu, di Tahun 2010 ia kembali mendirikan Universitas Azim Premji. Tidak hanya itu, Azim yang sangat dermawan juga membangun pembangunan di kawasan miskin India. Azim telah mengalokasikan manfaat ekonomi, setidaknya 34 persen saham di Wipro Ltd. Saat ini, saham itu telah bernilai 7,5 milliar dollar AS atau setara dengan Rp 106,7 miliar. Kerennya, Azim Premji tercatat sebagai orang India pertama yang bergabung dalam gerakan The Giving Pledge, yang didirikan oleh Bill dan Melinda Gates serta Warren Buffet. Gerakan ini memfokuskan para miliarder dalam berkomitmen menyumbangkan lebih dari dua pertiga kekayaan untuk kegiatan amal. Tentu saja sumbangan dari kegiatan ini menjadi sumbangan dengan nilai terbanyak sepanjang sejarah India.

Di tahun 2014, Azim membangun Prakarsa Filantropis Azim Premji yang menyumbang donasi kurang lebih Rp 1 triliun setiap tahunnya untuk organisasi nirlaba yang bekerja mensejahterakan kehidupan anak jalanan, penyandang cacat dan masalah tata kelola.


Merosotnya Nilai Kekayaan

Pada tahun 2004 dan 2011, Azim masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh versi majalah TIME. Ia pun dipilih sebagai penerima Medali Filantropi Carnegie 2017.

Diberitakan, kekayaan Azim Premji sempat merosot karena bantuan fantastis yang ia berikan untuk berbagai aktivitas sosial. Hal ini lantas menjadikan posisinya turun drastis dari jajaran orang terkaya di India. Dari awal yang berada di peringkat ke 2 orang terkaya di India, kini merosot sampai urutan 17.

Sumber :

https://kumparan.com/crazy-rich/konglomerat-muslim-ini-rela-tak-jadi-orang-terkaya-demi-beramal-donasi-rp-106-t-1vbltyMEhRX



#MuslimlifeMenjawabKeresahanmu


Download Aplikasi Muslimlife sekarang juga !
Playstore
Appstore
Topik Terkait :

Baca Artikel dan Berita Lainnya :